LogoDIGINATION LOGO

Nggak Punya Uang Tunai? Pakai yang Digital Aja!

author Oleh Alfhatin Pratama Minggu, 23 Desember 2018 | 10:00 WIB
Share
Ilustrasi pembayaran digital (shutterstock)
Share

Era digital yang terus berjalan tidak serta-merta terlepas dari permasalahan yang harus dihadapi. Salah satunya dalam transaksi pembayaran. Sebagian besar transaksi pembayaran di dunia masih menggunakan uang tunai, meskipun jumlah eCommerce terus meningkat.

Uang tunai memang kelihatan memudahkan, tetapi sangat rentan dari ketidakamanan. Misalnya saja perampasan di tempat umum dan peredaran uang palsu. Karenanya dengan kemajuan teknologi yang sudah sedemikian pesat, diperlukan adanya sistem yang bisa mengatasi masalah ini. Salah satunya adalah dengan cara digitalisasi.

Digitalisasi sistem pembayaran adalah langkah besar dalam proses ini yang menawarkan pengamanan yang lebih ketat. Teknologi mendasar yang ada dibalik kemajuan sektor pembayaran diantaranya IoT, Bluetooth, dan Wi-Fi. Semuanya memicu digitalisasi sistem pembayaran yang terus berlangsung hingga saat ini.

Lalu, bagaimana sistem pembayaran terdigitalisasi? Yuk, simak trennya...

Baca juga: Akselerasi Industri 4.0, Telkomsel Luncurkan Pusat Inovasi IoT Lab Pertama di Indonesia

QR Code, salah satu metode pembayaran digital (shutterstock)
Penetrasi internet dan smartphone 

Penggunaan internet yang terus meningkat membuat harapan tentang terciptanya ekosistem pembayaran digital bukan sekadar mimpi. Berdasarkan data Internet World Stats tahun 2018, jumlah pengguna internet di benua Asia mendominasi penggunaan internet di dunia. Selain itu, pengguna smartphone di dunia diprediksi akan mencapai 5 miliar orang.

Maraknya penetrasi smartphone dan internet menjadi peluang besar untuk membuka gerbang pembayaran digital. Tanpa smartphone dan internet, pemanfaatan teknologi pembayaran digital takkan maksimal. 

Banyaknya pembaruan dalam dunia pembayaran membuat hal ini menjadi lebih sederhana, cepat, dan aman dari sebelumnya. Saat ini, seperti dilansir dari Entrepreneur, inovasi dalam dunia pembayaran digital terus berkembang. Berbagai aspek teknologi baru terus bermunculan seperti Blockchain, Radio-Frequency Identification (RFID), Near-Field Communication (NFC), dan Quick Response Code (QR Code).

Baca juga: Begini Cara Bayar Kekinian dengan QR Code di Aplikasi Yap!

Teknologi soundwave 

Tahun 2019, bakal banyak kejutan di dunia pembayaran digital. Selain perkembangan teknologi seperti yang dibahas di atas, salah satu teknologi yang akan menjadi perbincangan adalah teknologi soundwave. Teknologi ini memanfaatkan gelombang dari berbagai media yang ada. Teknologi yang mucul di India ini adalah penggabungan antara kenyamanan dan keterjangkauan akses transaksi.

Dilansir dari Entrepreneur, inovasi teknologi yang dilakukan di India ini membuat metode pembayaran digital alternatif yang dapat menyelesaikan permasalahan pembayaran digital saat ini. Bahkan, teknologi ini dapat melayani berbagai macam telepon genggam, baik smartphone atau pun bukan.

Jalan terang pembayaran digital

Dengan adanya bermacam inovasi teknologi untuk memperbaiki sistem pembayaran digital, sudah saatnya optimis terhadap  masa depan sistem pembayaran itu sendiri. Masa depan transaksi yang aman, cepat, dan terjangkau aksesnya bukan hanya sekadar mimpi.

Berbagai pemanfaatan pembayaran digital juga sudah terimplementasi tahun 2018. Pada akhirnya, penggunaan uang tunai akan berakhir. Teknologi siap mendisrupsi, mengoptimalkan, mempermudah, dan melindungi sistem pembayaran di dunia.

Indonesia, kapan, ya?

Baca juga: Hidup Tanpa Digital? Mungkin, Gitu?

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Entrepreneur, Statista
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB