LogoDIGINATION LOGO

Mau Bisnis Tapi Gak Berpengalaman? Jangan Panik!

Oleh Ana Fauziyah Rabu, 19 Desember 2018 | 08:15 WIB
Share
Ilustrasi memulai bisnis. (Foto: Pexels)
Share

Karena melihat peluang dan potensi sebuah bisnis, kamu akhirnya ingin mencoba mulai usaha sendiri. Semua terasa menyenangkan ketika membayangkan mulai bisnis dan menjadi bos sendiri. Apalagi jika usahamu berangkat dari hobi dan passion, pasti seakan merasa tidak bekerja dan hanya bersenang-senang saja.

Tapi tiba-tiba kamu menyadari tidak punya pengalaman bisnis apapun. Kepanikan pun muncul. Bagaimana cara memulai usaha, bagaimana jika ada masalah dan kendala, bagaimana jika usahamu tidak berkembang dan mandeg?

Jangan panik dulu, guys! Meski tidak punya pengalaman wirausaha sedikitpun, kamu masih bisa menjadi pengusaha sukses, kok. Pengalaman memang sangat penting dijadikan pegangan, tapi tidak menjadi patokan kesuksesan. Ternyata ada kualitas-kualitas lain yang harus dimiliki agar sukses memulai usaha sendiri, seperti yang dirangkum Digination.id berikut ini.

Baca juga: Jawab 5 Pertanyaan Ini Sebelum Memulai Bisnis!

Kesabaran

Kesabaran merupakan sikap yang harus kamu miliki ketika memulai sebuah usaha. Sikap ini sangat diperlukan ketika harus menghadapi orang dengan berbagai macam karakter, baik rekan kerja, karyawan, atau konsumen. Apalagi jika harus menghadapi kondisi dan situasi yang memaksamu harus bekerja keras dan lembur demi kemajuan usaha. Jadi, sabar dan tetap samangat, ya!

Keuletan

Kamu pasti sering ditolak, tapi jangan patah hati dulu. Wajar bila di fase-fase awal memulai usaha akan banyak orang yang meragukanmu. Pasti ada investor yang tidak tertarik dengan ide dan produk yang kamu tawarkan. Dan bukan hanya satu dua orang saja, pasti kamu akan menghadapi banyak orang yang meragukan bisnismu. Tapi, jangan putus asa. Keuletan sangat diperlukan dalam menghadapi kondisi ini. Jadikan setiap penolakan sebagai cambuk semangat. Jika satu pintu tertutup, carilah pintu yang lain. Siapa tahu di pintu selanjutnya kamu diterima.

Kreativitas

Kreativitas sangat penting agar bisnis yang baru kamu mulai bisa sukses dan terus berkembang. Kamu perlu mengembangkan ide dan konsep baru agar memiliki ciri khas unik dan menarik konsumen. Perhatikan setiap tren yang muncul untuk dijadikan pedoman, tapi hati-hati agar tidak terjebak pada tren. Selalu gunakan kreativitas agar tampil berbeda dan menarik.

Baca juga: Kamu Lagi Cari Ide Bisnis?

Ilustrasi percaya diri menjalankan bisnis. (Foto: Pexels)
Percaya diri

Memulai usaha sendiri berarti harus bisa membuat orang lain mempercayai idemu. Bagaimana bisa memengaruhi orang lain kalau kamu tidak punya kepercayaan terhadap diri sendiri? Untuk itu, kamu harus memiliki rasa percaya diri yang besar sehingga orang lain pun akan tertular, percaya, mendukung, bahkan mau bekerja untukmu.

Memiliki visi masa depan

Agar sebuah bisnis dapat terarah dan berjalan sesuai tujuan awal, maka kamu harus memiliki visi yang jelas. Visi ini termasuk bagaimana caramu melihat bisnis kamu akan dijalankan secara bertahap dalam beberapa tahun. Buatlah perencanaan yang matang agar bisnis tidak berjalan autopilot. Visi masa depan yang jelas juga dapat dijadikan standar dan arahan bagi seluruh karyawan.

Fleksibilitas

Untuk memulai usaha, kamu harus fleksibel. Jika rencana A dan B tak berfungsi, kamu harus memiliki rencana cadangan C, D, E, dan seterusnya sampai berhasil. Mungkin kegagalan bisa membuat patah semangat, tapi untuk menemukan formula kesuksesan yang tepat dalam bisnis diperlukan banyak eksperimen. Kegagalan juga akan memperkaya pengalaman. Jadi, jangan pantang menyerah, ya.

Waktu

Memulai bisnis membutuhkan fokus dan konsentrasi yang tinggi. Karena itu, sediakan banyak waktu untuk menjalankan usahamu. Semua hal yang dilakukan secara total, all out, dan tidak setengah-setengah pasti akan setara dengan hasilnya. So, berikan waktu dan fokus maksimal. Pelajari banyak hal, lalu tunggu output yang akan kamu dapatkan.

Siap memulai bisnismu?

Baca juga: Libur Segera Tiba! Ini 5 Ide Bisnis yang Bisa Kamu Coba

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Entrepreneur, Female Network, USA Today
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Serba-serbi Pendanaan Startup!

Mencari tahu pilihan pendanaan apa yang paling masuk akal bagi setiap orang terlihat cukup rumit karena kebutuhan setiap startup berbeda.

Jumat, 22 Maret 2019 | 08:05 WIB

Sedang Mencari Funding? Hindari 3 Kesalahan Ini

Memiliki ide brilian, langkah selanjutnya adalah mencari pendanaan. Sebelum bertemu investor, pelajari tiga kesalahan umum ini. Jangan sampai kamu melakukannya

Kamis, 21 Maret 2019 | 09:10 WIB

AI untuk UMKM. Mmm, Seperti Apa, ya?

Dari 60 juta UMKM Indonesia hanya 5 % yang sudah memanfaatkan internet. Untuk mendorong pertumbuhan ini Halosis hadir untuk memajukan UMKM dengan teknologi Artificial Intelligence.

Kamis, 14 Maret 2019 | 09:30 WIB

Bisnis Laundry Autopilot Untuk Pensiunan

Bisnis bisa dimulai kapan saja, bahkan ketika pensiun. Bisnis laundry autopilot bisa menjadi pilihan untuk para pensiunan yang tetap ingin menghasilkan walaupun sudah tidak bekerja di kantor.

Jumat, 8 Maret 2019 | 10:12 WIB