LogoDIGINATION LOGO

Yap! Ternyata Perempuan Lebih Unggul dari Laki-Laki. Ini Buktinya!

Oleh Alfhatin Pratama Kamis, 20 Desember 2018 | 16:15 WIB
Share
Ilustrasi perempuan berprofesi (shutterstock)
Share

Perjuangan yang dilakukan selama bertahun-bertahun untuk menunjukkan bahwa perempuan setara dengan laki-laki, ternyata belum cukup berhasil. Kenapa? Kuatnya budaya patriarki yang terkonstruksi dalam masyarakat membuat perempuan sulit memilih peran yang mereka inginkan. 

Contohnya anggapan perempuan harus selalu mengerjakan pekerjaan rumah, perempuan masih dianggap "sebelah mata" ketika mengenyam pendidikan tinggi atau memiliki jabatan tinggi, dan perbedaan upah yang diterima antara perempuan dengan laki-laki.

Padahal, sebuah riset dari Korn Ferry Hay Group menunjukkan bahwa perempuan lebih baik dibandingkan laki-laki dalam soft skills untuk memimpin dan berbisnis. Dari 12 kompetensi yang diuji, sebagai penanda kecerdasan emosional yang diperlukan untuk kepemimpinan dan berbisnis, perempuan mendapatkan skor lebih tinggi dibandingkan laki-laki.

Dilansir dari Entrepreneur, Linda Smith, CEO dari The Meanest Women Alive mengatakan,"Sudah saatnya bagi perempuan untuk mengubah aturan jender dengan memanfaatkan keunggulan unik yang dimiliki agar berhasil dalam memimpin dan berbisnis."

Untuk itu, Linda membagikan 5 tips untuk perempuan yang ingin mencapai kesuksesan dalam memimpin dan berbisnis.

Baca juga: Mantab! Nih, Power of Bisnis Emak-Emak

Ilustrasi perempuan hebat (shutterstock)
Percaya diri

Rasa percaya diri dan keyakinan hati yang kuat dapat mengalahkan kompetensi setiap saat. Tidak sedikit hasil studi yang menunjukkan bahwa kesuksesan dalam dunia bisnis tidak hanya membutuhkan kompetensi.

Jangan pernah merasa takut dalam hal apa pun, bahkan takut gagal atau takut tidak diterima masyarakat luas. Buanglah jauh-jauh pikiran itu. Awalnya memang tidak mudah untuk dilakukan, tetapi jika terus dicoba, sejauh kaki melangkah kepercayaan diri akan selalu mengiringi.

Gunakan kecerdasan emosional

Menggabungkan kecerdasan, empati, dan emosi dapat memperbesar kemampuan untuk menganalisis dan memahami diri sendiri, orang lain, dan situasi yang ada. Contohnya, membaca emosi dan motivasi dari orang-orang yang dihadapi, mengukur strategi secara terencana, dan mengambil tindakan yang terkendali dan tidak terburu-buru.

Baca juga: Emak-emak Jago Bisnis, Kenapa Nggak?

Ilustrasi perempuan juga punya hak untuk sukses (shutterstock)
Jangan diam

Jika memiliki ide atau tidak setuju dengan apa yang dibicarakan, bicaralah. Pastikan berbicara dan menunjukkan bahasa tubuh yang baik agar memancarkan kepercayaan diri yang kuat. Berbicara tegas, padat, langsung, dan ringkas. Pasti ada saja perempuan yang masih diremehkan dalam hal berbicara atau dianggap lemah dalam memberikan pendapat. Hentikan anggapan yang salah itu dan buktikan kalau perempuan juga punya hak untuk berbicara.

Sudah saatnya untuk membuktikan

Sekarang bukan saatnya lagi untuk berada di balik bayang-bayang laki-laki karena keduanya setara. Untuk mencapai sebuah tujuan, perempuan harus menunjukkan keuletan yang dimiliki. Buktikan diri bahwa kamu bisa. Raihlah tantangan berikutnya. Keluar dari zona nyaman dan bergerak ke medan yang lebih berisiko. Bukan hanya laki-laki saja yang dapat mengerjakan pekerjaan yang sulit. Kata siapa proyek besar tidak bisa dipimpin oleh perempuan?

Tetap fokus

Pahamilah bahwa kesuksesan yang ingin diraih bukan sebuah perlombaan mengejar popularitas. Tetap fokus untuk mencapai tujuan agar menginspirasi dan mendapatkan rasa hormat, bukan merasa ingin dihormati atau mendapatkan popularitas semata.

Baca juga: Bisnis Anyaman Ini Berdayakan Emak-emak Flores

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Entrepreneur, CBS News
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Fajar Merekah Bagi eSport di tahun 2019!

Akhir-akhir ini eSport selalu menjadi perbincangan. Kira-kira bagaimana, ya di 2019? Apa kah eSport semakin populer? Yuk, simak prediksinya.

Kamis, 17 Januari 2019 | 11:15 WIB

Belum Tahu eSport? Yuk, Kenali!

Dunia eSport di 2019 terus berkembang tapi masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Yuk, simak pengenalan dunia eSport berikut ini!

Rabu, 16 Januari 2019 | 16:15 WIB

3 Skill IT yang Wajib Dikuasai para Entrepreneur

Ilmu bisnis dan manajemen saja tak cukup membuat bisnis bertahan. Zaman now, pengetahuan tentang bisnis digital dan IT menjadi yang utama. Apa saja yang harus dipelajari para entrepreneur?

Rabu, 16 Januari 2019 | 11:15 WIB

Bikin Startup Masih Ribet, Ini Sebabnya!

Peluang membangun startup di Indonesia selalu terbuka lebar. Namun, apakah birokrasi menjadi faktor bergugurannya startup di tengah jalan?

Selasa, 15 Januari 2019 | 08:15 WIB