LogoDIGINATION LOGO

Kata Siapa Kerja Dari Rumah Nggak Produktif?

Oleh Desy Yuliastuti Sabtu, 15 Desember 2018 | 10:00 WIB
Share
Ilustrasi kerja di rumah (Shutterstock)
Share

Banyak orang berpikir bahwa bekerja dari rumah itu mudah dan tak sedikit orang yang mengidamkannya. Banyak kebebasan bekerja yang didapat dan nggak perlu khawatir bangun kesiangan. Jam kerja bisa diatur sesuka hati, nggak deg-degan diawasi bos, dan merdeka dari aturan kantor yang mengikat.

Di balik keleluasaan, bukan berarti tidak ada tantangannya. Justru banyak distraksi dari rumah yang bisa mengganggu konsentrasi, hingga kesulitan mengatur waktu. Kesan santai bisa saja menjebak.

Meskipun begitu, bekerja dari rumah tetap bisa produktif asalkan kamu piawai menerapkan strategi. Berikut beberapa kiat dari Careerbright yang bisa dicoba untuk membantumu mengatur dan meningkatkan produktivitas saat bekerja dari rumah.

Baca juga: Pekerja Milenial di Era Gig Economy. Seperti Apa, ya?

Anggap rumah seperti kantor

Rumah sebagai tempat istirahat tentu berbeda dengan kantor. Namun, kamu bisa menciptakan suasana kerja dengan membuat private space khusus. Bekerja dari rumah juga berarti kamu bisa memakai apa pun, tapi coba pakai pakaian rapi ala pekerja kantoran.

Agar bisa fokus, jauhkan segala distraksi seperti televisi, ponsel, dan media sosial. Menciptakan atmosfer kantor dapat meningkatkan kenyamanan kerja. Memulai aktivitas pagi hari diawali berolahraga akan membantu memberi awal yang baik dan meningkatkan produktivitas.

Bersihkan Ruang Kerja

Jangan biarkan ruamg kerja berantakan karena bisa jadi masalah. Sekalipun itu kamarmu sendiri, space yang berantakan bikin nggak bisa menemukan apa yang kamu butuhkan. Ruangan berantakan pun bisa memecah konsentrasi. Jadi pastikan selalu rapi, ya!

Mulai dari mana? Coba mulai dari hal-hal kecil. Misalnya, beli organizer alat tulis, pembatas rak buku, mengelap meja kerja, dan tata ulang layout ruangan. Jangan lupa menata dokumen yang diperlukan dan beli lemari arsip. Hal-hal kecil seperti ini dapat berdampak besar pada kinerja dan dapat membantumu lebih teratur setiap sehari.

Baca juga: 3 Tips Bekerja Maksimal di Coworking Space

Ilustrasi disiplin (Shutterstock)
Ketahui apa yang dibutuhkan

Salah satu masalah orang-orang yang bekerja dari rumah adalah mereka merasa sulit untuk berinvestasi dalam bisnis mereka. Misalnya dalam hal software cenderung menggunakan versi gratis daripada yang berbayar. Padahal tak ada salahnya, meng-upgrade dan memiliki semua yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal.

Investasi pun tak harus mahal. Misalnya, jika kamu membutuhkan sesuatu untuk mengelola dokumen, jangan menyewa freelancer untuk melakukannya. Sebagai gantinya, lakukan otomatisasi dokumen dengan cloud.

Set jam kerja

Penting untuk disiplin pada diri sendiri. Jika pintar mengatur jam kerja, kamu dapat dengan mudah meningkatkan organisasi dan produktivitas. Susun prioritas dan tetapkan waktu kapan aktivitasmu harus berakhir. Jika kamu ketat dengan jam kerja, banyak waktu lebih yang bisa dimanfaatkan untuk belajar hal baru yang bisa meningkatkan performa kerja.

Baca juga: Modal Kepepet, Photopreneur Buktikan Sukses Mendunia

Tentukan target
Rencanakan target yang harus diselesaikan, supaya kamu tetap terstruktur dan fokus bekerja di rumah. Sehari sebelumnya, buat daftar pekerjaan yang harus dilakukan secara umum. Sebaiknya, susun pekerjaan berdasarkan prioritas, tapi harus tetap fleksibel apabila ada hal urgent yang harus segera diselesaikan. Perencanaan terstruktur tentu membuatmu lebih fokus dan mengetahui secara detail berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Selain disiplin, jangan lupakan komunikasi, ya! Meskipun mendulang rupiah dari rumah, usahakan kamu bisa dihubungi selama jam kantor. Entah itu melalui panggilan telepon, konferensi video, pesan instan, e-mail, pesan teks, dan semua bentuk komunikasi penting untuk telecommuting.

Itu dia beberapa kiat-kiat yang biasa diterapkan bagi kamu yang memilih bekerja di rumah. Jika memang belum maksimal, coba pindahkan lokasi kerja ke kafe atau coworking space untuk mendapat suasana baru.

Baca juga: Ekonomi Digital Berpotensi Mendepak Pekerja yang Tidak Terampil

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Smallbiztrends, Careerbright.com
TAGS
RECOMMENDATION

10 Tips untuk Mengalahkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Kebiasaan suka menunda-nunda pekerjaa ini terkesan sepele namun jika terus-menerus dibiarkan akan berdampak besar. Kebiasaan jelek ini bisa mengganggu karier dan kepercayaan dirimu.

Senin, 19 November 2018 | 14:00 WIB
LATEST ARTICLE

Sedang Mencari Funding? Hindari 3 Kesalahan Ini

Memiliki ide brilian, langkah selanjutnya adalah mencari pendanaan. Sebelum bertemu investor, pelajari tiga kesalahan umum ini. Jangan sampai kamu melakukannya

Kamis, 21 Maret 2019 | 09:10 WIB

AI untuk UMKM. Mmm, Seperti Apa, ya?

Dari 60 juta UMKM Indonesia hanya 5 % yang sudah memanfaatkan internet. Untuk mendorong pertumbuhan ini Halosis hadir untuk memajukan UMKM dengan teknologi Artificial Intelligence.

Kamis, 14 Maret 2019 | 09:30 WIB

Bisnis Laundry Autopilot Untuk Pensiunan

Bisnis bisa dimulai kapan saja, bahkan ketika pensiun. Bisnis laundry autopilot bisa menjadi pilihan untuk para pensiunan yang tetap ingin menghasilkan walaupun sudah tidak bekerja di kantor.

Jumat, 8 Maret 2019 | 10:12 WIB