LogoDIGINATION LOGO

Mau Sukses Jadi Entrepreneur? Kamu Harus Sehat!

Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Senin, 26 November 2018 | 12:05 WIB
Share
Ilustrasi kesehatan kunci kesuksesan (shutterstock)
Share

Nothing succeeds like success”. Semua orang pasti ingin sukses dalam hidupnya baik dalam pekerjaan atau bisnisnya. Kreatif, disiplin dan jago pitching memang dapat membuka jalan untuk sukses. Tetapi sebenarnya memilih jalan kesuksesan memiliki arti lebih dalam lagi.

Memiliki kehidupan yang teratur dan memiliki gaya hidup sehat adalah rahasianya. Tubuh yang sehat, stamina yang kuat dan memiliki pola hidup sehat dapat membantumu untuk tetap tampil bugar. Dampaknya kamu bisa maksimal melakukan segala hal termasuk dalam mengembangkan bisnismu mengantarkannya pada gerbang kesuksesan.

Untuk sukses butuh sehat kan? Karenanya prioritaskan kesehatanmu. Bagaimana caranya? Berikut adalah tiga hal yang harus kamu lakukan.

Baca juga: Era Digital, Industri Kesehatan Hadapi Bahaya Ini

Tidur cukup, agar pikiran jernih

"Jangan menekan tombol snooze!" kata Michael Breus seorang sleep expert dilansir dari Southern Living.

Faktanya ketika menekan tombol snooze dan menambah waktu tidur maka otak akan meresponnya sebagai sinyal lelah dan akan mengantuk secara terus-menerus. Tubuh akan mengulang siklus tidur dari awal lagi. Saat bangun tubuh akan merasa terkejut dan tidak segar.

Padahal untuk menjadi seorang entrepreneur sukses kamu butuh badan yang fit dan pikiran yang jernih. Tidur cukup adalah suatu keharusan, karena untuk bernegosiasi, berkoordinasi dan menginspirasi orang lain butuh tenaga yang prima. 

Baca juga: 10 Teknologi Kesehatan Masa Depan

Ilustrasi menjaga kesehatan (Shutterstock)

Berolahraga untuk membangun ketahanan emosional 

Hampir semua entrepreneur pernah menghadapi masa-masa sulit, pernah gagal dalam menjalankan bisnis atau mungkin pernah ditinggal anggota tim. 

Olahraga mengajarkanmu bagaimana menghadapi kesulitan-kesulitan secara nyata. Misalnya ketika kamu pergi ke gym, melakukan olahraga angkat beban. Sakit yang dirasakan karena mengangkat beban akan menghasilkan otot dan tubuh yang lebih kuat. 

Hal yang sama berlaku dalam dunia bisnis. Berolahraga mengajarkanmu bagaimana merespon segala hal termasuk kegagalan dalam berbisnis secara dewasa, membangun ketahanan emosional. Dengan selalu mencari tahu sebab dan latar belakang masalah sebelum bereaksi, bukan mengutamakan emosi.

Baca juga: Digihealth, Masa Depan Dunia Kesehatan

Ilustrasi makanan sehat (shutterstock)

Makan makanan sehat tingkatkan produktivitas

Tubuh adalah cerminan diri, termasuk apa yang kamu konsumsi. Orang yang mengonsumsi makanan cepat saji biasanya akan mudah lelah dan mengalami obesitas. Efeknya akan menganggu produktivitas. Oleh karena itu, penting untuk menjaga pola makan dengan memakan makanan-makanan sehat tak terkecuali bagi seorang entrepreneur.

Bukan rahasia umum jika dengan memakan makanan sehat dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh seperti menambah energi, memanjangkan umur, hingga dapat membuat pikiran jernih. Manfaat-manfaat tersebut adalah hal-hal yang harus dimiliki untuk dapat mengembangkan bisnis. 

Mampu menjaga pola makan yang menyehatkan sama dengan kemampuan mengontrol diri dan memiliki kendali penuh pada hidup. Tentunya kamu bisa mengarahkan hidup ke arah yang lebih baik lagi. 

Tidur, olahraga, dan menjaga pola makan sehat adalah tiga hal utama yang harus kamu perhatikan jika ingin membangun bisnis dan membawanya ke gerbang kesuksesan. Banyak pengusaha terlalu memaksakan diri hingga tidak pernah tidur, atau tidak berolahraga. Jika tubuhmu saja tidak sehat, bagaimana bisa mengembangkan bisnis?

Baca juga: Ini Risiko di Balik Canggihnya Aplikasi Digihealth

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Entrepreneur, Southern Living, Life An Episode
TAGS
RECOMMENDATION

3 Tantangan Utama Pebisnis Lokal

Ekonomi akan terus tumbuh dan menguat. Hal ini tentu saja akan berdampak pada bisnis lokal. Apa saja yang akan berubah?

Kamis, 23 Agustus 2018 | 16:15 WIB

4 Ciri Bisnis Sukses Versi Jeff Bezos

Siapa yang tak kenal Jeff Bezos? CEO Amazon ini dikenal berani mengambil peluang bisnis dengan melihat sejumlah indikator keberhasilan. Simak, yuk!

Kamis, 6 September 2018 | 16:30 WIB
LATEST ARTICLE

Ternyata Ini Cara Mendapatkan Pendanaan Investor!

Mencapai pendanaan Series A untuk sebuah startup butuh waktu yang tidak cepat. Oleh karena itu, jangan pernah menyerah dan yakin kan selalu diri agar bisnismu dilirik investor.

Kamis, 13 Desember 2018 | 08:15 WIB

Sst... Ini Dia Tren Artificial Intelligence Tahun 2019!

Perkembangan pesat teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan tidak dapat dibendung lagi. Teknologipun berhasil masuk ke dalam segala bidang kehidupan manusia termasuk dunia bisnis. Lalu bagaimana tren AI pada tahun 2019?

Rabu, 12 Desember 2018 | 08:15 WIB

Bosan Saat Delay? Mmm, 'Jualan', Nyok!

Menunggu waktu delay tentu membosankan dan menyebalkan. Daripada buang-buang waktu percuma, kamu bisa manfaatkan waktu ini untuk mempromosikan bisnis. Kenapa, nggak?

Selasa, 11 Desember 2018 | 16:15 WIB

Perluas Jaringan Bisnis Dengan 3 Tips Ini!

Berbisnis tidak bisa dilakukan sendiri, butuh rekan untuk berkolaborasi. Tapi, apa artinya kolaborasi tanpa jaringan pertemanan yang luas?

Selasa, 11 Desember 2018 | 11:15 WIB

6 Cara Hadapi "Toxic Boss"

Punya bos yang gak enak tentu akan berpengaruh pada produktivitas dan kualitas kerja. Jangan buru-buru resign, pelajari dulu 6 hal ini

Senin, 10 Desember 2018 | 11:15 WIB

Nih, Peluang Investasi Baru: eSport!

Industri eSport menjadi sorotan para investor karena menjanjikan keuntungan yang besar dalam beberapa tahun investasi. Namun sebelum memulai investasimu di dunia eSport kamu harus mengetahui 4 hal ini.

Jumat, 7 Desember 2018 | 16:15 WIB