LogoDIGINATION LOGO

Mudahnya Menjadi Entrepreneur Berkat Media Sosial

author Oleh Ana Fauziyah Senin, 21 Agustus 2017 | 04:29 WIB
Share
Saat ini, menjadi seorang entrepreneur bukan lagi hal yang mustahil atau sulit dilakukan
Share

Saat ini, menjadi seorang entrepreneur bukan lagi hal yang mustahil atau sulit dilakukan. Berkat media sosial, beragam peluang dengan potensi keuntungan yang tidak sedikit kini terbuka lebar. Ternyata, bukan sekadar menghubungkan satu orang dengan yang lain, media sosial juga memiliki peran yang cukup besar terhadap majunya bisnis para entrepreneur.

Nah, berikut beberapa peran media sosial yang bisa dimanfaatkan oleh seorang entrepreneur supaya berdampak maksimal terhadap bisnisnya.

  1. Untuk Mengetahui Kebutuhan Pasar

Sebagian besar masyarakat modern memiliki akun media sosial. Aktivitas berjejaring pun bisa dibilang cukup sering, meskipun tujuannya berbeda-beda. Ada yang sekadar ingin menceritakan pengalaman, ada pula yang menjadikannya sebagai media promosi.

Intinya, media sosial kini bisa disebut sebagai miniatur dunia nyata. Oleh karena itu, pelaku bisnis bisa melakukan survei untuk meneliti kebutuhan masyarakat terhadap suatu produk dengan memanfaatkan beragam informasi yang berseliweran di media sosial.

  1. Untuk Mengedukasi Calon Pembeli

Meskipun Anda menjual produk yang baik, tetapi tidak banyak orang yang mengetahuinya, ini tentu percuma, bukan? Media sosial bisa dimanfaatkan untuk mengedukasi calon pembeli sehingga mereka mengenal produk Anda. Caranya bermacam-macam, mulai dari promosi secara soft selling maupun hard selling.

Keuntungan lainnya, Anda tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak untuk melakukan hal ini. Namun, bila ingin hasilnya lebih kentara, Anda tentu perlu mengerahkan usaha yang lebih besar.

  1. Sebagai Akses Informasi

Tak bisa dimungkiri, kondisi zaman sekarang berbeda jauh dengan zaman dahulu, terutama dalam segi kemudahan akses terhadap informasi. Salah satu penyebabnya adalah media sosial. Kini, aneka informasi bisa didapatkan dengan mudah hanya dengan cara menelusuri dinding media sosial tertentu.

Untuk pelaku bisnis, Anda bisa lebih mudah memantau aktivitas kompetitor melalui jejaring sosial tersebut. Tak diragukan lagi, hal ini merupakan peluang besar sekaligus ancaman yang perlu diwaspadai.

  1. Untuk Memperkuat Koneksi dengan Pelanggan

Peran media sosial yang satu ini sangat penting. Bagaimanapun, pelanggan adalah pihak yang perlu dilayani. Dengan memanfaatkan media sosial, Anda dapat berinteraksi langsung dengan mereka dan memenuhi kebutuhan mereka melalui produk-produk yang Anda ciptakan.

Nah, sebagai entrepreneur, bagaimana Anda memaksimalkan peran media sosial untuk kelancaran bisnis Anda?

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: jurnal.id
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB