LogoDIGINATION LOGO

Long Weekend Sambil Kerja, Emang Bisa?

Oleh Alfhatin Pratama Senin, 26 November 2018 | 16:15 WIB
Share
gembira menyambut libur panjang di akhir pekan (shutterstock)
Share

"Waktu adalah uang", sebuah peribahasa yang dijadikan pedoman untuk tetap hidup produktif setiap hari, termasuk akhir pekan. Jika melihat keberhasilan para pengusaha,  banyak orang menyangka bahwa mereka mengisi akhir pekannya dengan berbagai kegiatan yang produktif. Tapi, jangan salah paham, orang sukses di era digital juga butuh istirahat untuk mencari inspirasi yang kreatif dan inovatif. 

Walaupun libur, jangan sampai terlena, ya! Berikut Digination.id rangkum empat kegiatan yang dilakukan orang sukses di akhir pekan yang panjang alias long weekend.

Berpikir tanpa stres

Orang-orang sukses menyambut libur panjang akhir pekan mereka tidak hanya dengan menyelesaikan tugas-tugas yang mendesak melainkan juga membuat rencana matang ketika mereka kembali lagi ke kantor. Pada malam terakhir akhir pekan panjang, banyak orang sukses berpikir tentang minggu depannya lagi dan tentang tujuan utama yang harus mereka selesaikan tanpa membuat diri mereka tertekan.

Baca juga: Kata Siapa Jadi Entrepreneur Nggak Stres?

Merencanakan akhir pekan sebelum tiba

Dilansir dari Business Insider, menurut Michael Kerr, penulis buku The Humor Advantage, banyak orang sukses merencanakan kegiatan mereka untuk liburan di akhir pekan jauh-jauh  hari sehingga mereka tidak terganggu dengan pekerjaan. Mereka reservasi hotel dan  transportasi, menjadwalkan tea time, atau pun kegiatan bersama sanak famili.

"Mereka cukup teratur merencanakan akhir pekannya, tapi tetap fleksibel untuk mengatasi masalah pekerjaan mendesak yang mungkin muncul selama long weekend," ujar Lynn Taylor, penulis buku Tame Your Terrible Office Tyrant: How to Manage Childish Boss Behavior and Thrive in Your Job. Walau libur, jangan meninggalkan tugas dan tanggung jawab, ya.

Ilustrasi menanti akhir pekan (shutterstock)
Jaga komunikasi

Komunikasi dengan rekan kerja atau rekan bisnis adalah hal yang penting untuk menjaga keharmonisan kerja tim. Jangan sampai liburan malah memperburuk komunikasi tersebut. Orang-orang sukses akan mendiamkan e-mail dan telepon beberapa saat sehingga orang yang ingin menghubungi mengerti kapan mereka akan bersedia menanggapi pesan atau panggilan itu.

Olahraga dan meditasi

Men sana in corpore sano: di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Kalimat dalam Bahasa Latin itu epertinya tidak asing bagi setiap orang. Nyatanya memang demikian, olahraga bukan hanya menyegarkan badan tapi juga menyegarkan jiwa. Orang-orang sukses memahami betapa pentingnya olahraga bagi kesehatan fisik dan mental sehingga mereka tidak melewatkan latihan selama liburan akhir pekan. Ketika Hari Senin datang, mereka sudah siap dengan kebugaran yang tetap terjaga.

Selain olahraga,  meditasi membantu mengatasi stres, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kemampuan daya ingat, dan membuat orang menjadi lebih bahagia. Akhir pekan adalah kesempatan sempurna untuk mulai melakukannya dengan rutin atau mencoba manfaatnya.

Bagaimana kamu menghabiskan long weekend? Masih sambil kerja juga? 

Baca juga: Tak Ada Alasan Malas Olahraga Kalau Pakai Aplikasi Ini

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Business Insider, Entrepreneur
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

3 Kebiasaan Boros Ini Harus Segera Kamu Tinggalkan!

Milenial terkenal sebagai generasi boros dan sering berutang. Kevin O'Leary, co founder Softkey Internasional sekaligus panelis reality show Shark Tank mengatakan ada 3 kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan. Apa saja, ya?

Rabu, 20 Februari 2019 | 08:15 WIB

Mencari Pekerjaan Sesuai Passion? Jangan!

Sering mendengar semboyan “Bekerjalah sesuai passion?" Katanya jika bekerja sesuai passion, maka sukses akan mudah terbentang. Ah, masa iya?

Senin, 18 Februari 2019 | 11:15 WIB

Dari Gates Sampai Zuckerberg, Siapa yang Paling Dermawan?

Mau tahu siapa saja sosok CEO yang paling dermawan di dunia? Siapa tahu kamu akan terinspirasi dan menyusul langkah mereka. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah daftar CEO perusahaan teknologi yang paling gila menyumbang.

Jumat, 15 Februari 2019 | 16:15 WIB

Sukses Cara Gila Ala Jeff Bezos!

Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari kisah hidup Jeff Bezos. Berikut adalah prinsip-prinsip bisnis alanya yang bisa kamu contoh.

Jumat, 15 Februari 2019 | 11:15 WIB