LogoDIGINATION LOGO

Seperti Apa Ritual Pagi Orang Kaya dan Sukses di Dunia Digital?

Oleh Ana Fauziyah Kamis, 15 November 2018 | 08:35 WIB
Share
Kebiasaan pagi hari. (Foto: Unsplash)
Share

“Jangan bangun kesiangan, nanti rezekinya dipatok ayam”

Pernah mendengar kalimat di atas kan? Memang sih nggak ada ceritanya ayam bisa mematok rezeki seseorang, tapi kalimat di atas bisa jadi ada benarnya juga lho. Selain bisa membuat tubuh lebih sehat dan bugar, bangun pagi ternyata juga berpengaruh pada kesuksesan seseorang.

Menurut penelitian pada tahun 2008 yang dilakukan oleh Universitas Texas, mahasiswa yang sering bangun pagi memiliki nilai IPK lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang suka begadang dan jarang bangun pagi.

Ternyata kebiasaan bangun pagi juga dimiliki oleh para pengusaha sukses di bidang teknologi seperti Bill Gates, Steve Jobs dan Jeff Bezos. Mereka memiliki kebiasaan unik masing-masing di pagi hari yang ternyata mempengaruhi cara mereka menjalani rutinitas sehari-hari. Kebiasaan unik mereka itu bisa jadi merupakan salah satu rahasia kesuksesan mereka membangun kerajaan bisnis di bidang teknologi.

So, buat kamu yang ingin menjadi seorang yang sukses dalam karier dan kehidupan tidak ada salahnya untuk membiasakan bangun pagi setiap hari. Kamu juga bisa mencontoh salah satu kebiasaan unik di pagi hari yang dilakukan oleh para techpreneur sukses berikut ini, seperti dilansir dari Telegraph.

1. Bill Gates, berolahraga sambil menonton

Setiap pukul 7 pagi, pendiri perusahaan teknologi raksasa Microsoft, Bill Gates menghabiskan waktu sampai satu jam berolahraga di treadmill. Hal itu dilakukan Bill Gates sambil menonton video-video tentang edukasi dari Teaching Company. Berlari di atas treadmill sambil menonton video edukasi dilakukan untuk melatih otak sekaligus tubuhnya agar mampu bekerja maksimal. “Meskipun begadang merupakan hal yang menyenangkan. Tapi jika saya harus menjadi kreatif, saya butuh tidur 7 jam lamanya dalam sehari,” ujar Gates.

Baca juga: Sebelum Sukses, Bill Gates Hapus Kebiasaan Ini

2. Steve Jobs, bercermin di pagi hari

Siapa yang tidak kenal Steve Jobs, pendiri dan mantan CEO Apple.Inc. Meskipun sudah lama meninggal pada tahun 2011 lalu di usia 56 tahun, namun kisah kesuksesan Steve Jobs sangat inspiratif dan masih layak dijadikan contoh. Ternyata mantan pemimpin Pixar dan NeXT tersebut memiliki kebiasaan unik setiap pagi.

Setiap pagi pada pukul 6 pagi, Steve Jobs akan bercermin dan mengajukan pertanyaan pada dirinya sendiri. “Jika hari ini adalah hari terakhir dalam hidup saya, akankah saya bahagia dengan apa yang akan saya lakukan hari ini? Apakah saya akan melakukan apa yang harus saya lakukan hari ini?” Jika ia menjawab “tidak” maka ia akan memutuskan bahwa ada sesuatu yang harus diperbaiki dan diubah dalam hidupnya.

3. Jeff Bezos, bercengkrama dengan keluarga

Pendiri Amazon.com sekaligus orang terkaya di dunia saat ini, Jeff Bezof merupakan orang yang ternyata super santai di pagi hari. Ia selalu berusaha tidur nyenyak semalaman dan menghabiskan pagi harinya dengan santai. Miliarder ini biasanya memulai harinya antara pukul 7 dan 8 pagi, kemudian bercengkrama dengan keluarganya. Ia akan menghabiskan sarapan dan mengobrol bersama istri dan anak-anaknya sebelum mereka berangkat sekolah.

Jeff Bezos tidak mau memulai kerja pagi-pagi. Ia baru memulai bekerja pada jam 10 pagi. Sebelum berangkat ke kantor, ia akan berolahraga di treadmill sambil membaca koran pagi dan menyesap kopi. Ia juga tidak pernah membuat jadwal rapat di pagi hari, setiap rapat yang ia lakukan selalu di atas pukul 10 atau 11 siang. Uniknya saat pulang kantor di malam hari, ia masih sempat mencuci piring kotor bekas makan keluarganya. Wah!

Baca juga: 4 Ciri Bisnis Sukses Versi Jeff Bezos

4. Mark Zuckerberg, mengecek Facebook dan WhatsApp

Pendiri media sosial terpopuler sejagat Facebook, Mark Zuckerber ternyata memang benar-benar keranjingan bermain media sosial. Dalam suatu kesempatan interview langsung dan terbuka di Facebook Live Q & A, ia mengungkapkan bahwa hal pertama yang ia lakukan di pagi hari adalah mengecek akun Facebook dan WhatsApp-nya.

“Hal pertama yang saya lakukan adalah melihat ponsel saya. Saya mengecek Facebook untuk mengetahui apa yang sedang terjadi di dunia. Saya memeriksa pesan saya. Saya mengecek Messenger dan WhatsApp,” ujar Zuckerberg.

Ia mengaku bahwa sebelumnya ia bukan seorang morning person alias orang yang terbiasa bangun di pagi hari. Namun sejak kelahiran putri pertamanya Max hasil pernikahannya dengan Priscilla Chan, Zuckerberg mengubah kebiasaan suka begadangnya itu dan mulai membiasakan bangun pagi.

5. Jack Dorsey, bermeditasi dan berolahraga

Pendiri dan CEO Twitter, Jack Dorsey mempunyai kebiasaan tidur selama 6 jam setiap harinya. Ia akan bangun sekitar jam 5 pagi utuk bermeditasi selama 30 menit. Setelah melakukan meditasi, ia akan melanjutkan dengan berolahraga jogging untuk mengembalikan kebugaran tubuhnya. Selanjutnya, ia akan membuat kopi dan mengecek Twitter-nya.

“Saya ingin membiasakan melakukan banyak rutinitas yang konsisten. Melakukan hal yang sama setiap hari membuat kondisi saya stabil dan menjadikan lebih efektif ketika saya harus bereaksi terhadap sesuatu yang berada di luar kendali saya. Intinya adalah meditasi dan berolahraga,” ungkap Jack Dorsey.

So, kebiasaan siapa yang paling cocok untuk kamu contoh?

Baca juga: Sifat Buruk di Balik Sukses Steve Jobs, Jack Ma dan Elon Musk

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Business Insider, Entrepreneur, Telegraph
TAGS
RECOMMENDATION

7 Tips Penting Jadi Mahasiswa Kaya

Berhasil sebagai pelajar atau mahasiswa yang melakukan bisnis pada saat yang bersamaan memang merupakan tantangan besar. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya...

Rabu, 17 Oktober 2018 | 16:20 WIB
LATEST ARTICLE

Nih, Peluang Investasi Baru: eSport!

Industri eSport menjadi sorotan para investor karena menjanjikan keuntungan yang besar dalam beberapa tahun investasi. Namun sebelum memulai investasimu di dunia eSport kamu harus mengetahui 4 hal ini.

Jumat, 7 Desember 2018 | 16:15 WIB

Aplikasi yang Bikin ODHA Tak Terkucilkan

Data tahun 2017 menunjukkan bahwa ada 36,9 juta orang hidup dengan HIV/AIDS. Stigma, diskriminasi dan kurangnya pengetahuan tentang penyakit ini semakin memperparah keadaan

Rabu, 5 Desember 2018 | 12:19 WIB

Hidup Tanpa Digital? Mungkin, Gitu?

Hidup kita perlahan-lahan telah diambil alih oleh teknologi di semua sisi. Teknologi dan digitalisasi telah mengubah cara kita bekerja, belajar, dan bersosialisasi

Selasa, 4 Desember 2018 | 16:15 WIB

5 Aplikasi Wajib Bagi Pengusaha, Sudah Install?

Kegiatan yang padat ditambah dengan segudang urusan bisnis biasanya membuat seorang pengusaha harus sering berpindah tempat, sehingga pemantauan bisnis harus dilakuan secara mobile. Ketahui aplikasi yang wajib dimiliki oleh seorang pengusaha demi ke

Selasa, 4 Desember 2018 | 11:15 WIB

Pastikan Miliki 5 Hal Ini Untuk Jadi Mompreneur

Memang tidak mudah menjadi mompreneur. Tentunya membutuhkan trik dan strategi tersendiri agar keduanya bisa berjalan seimbang dan lancar. Berikut adalah 5 tips yang perlu kamu ketahui untuk memulai karir menjadi mompreneur.

Senin, 3 Desember 2018 | 11:15 WIB

Asisten Google Tiru Stiker Angkot

Anda sopan kami segan. Anda asyik, kami santai. Anda usik, kami Bantai! Filosofi supir angkot itu kini muncul di Google Assistant.

Minggu, 2 Desember 2018 | 12:30 WIB

Masih Gagal Bangun Pagi? Coba 3 Kiat Ini!

Karena bangun pagi adalah salah satu kunci keberhasilan! Simak kiat-kiat untuk mengatasi kegagalan bangun pagi yang masih kamu alami.

Sabtu, 1 Desember 2018 | 11:30 WIB