LogoDIGINATION LOGO

Jadi Beauty Vlogger, Apa Harus Meniru Kekeyi?

author Oleh Ana Fauziyah Kamis, 15 November 2018 | 13:25 WIB
Share
ilustrasi kecantikan (Shutterstock)
Share

Kamu tahu nama yang sedang viral di jagat YouTube Indonesia, Rahmawati Kekeyi Putri Cantikka? Yap, nama youtuber satu itu mendadak naik daun gara-gara video tutorial make up menggunakan balon yang diisi dengan air sebagai pengganti beauty blender. Hingga artikel ini ditulis, Selasa (13/11 pukul. 14:22), video berjudul “25k Makeup Challenge” milik Kekey, panggilan gadis tersebut, telah ditonton lebih dari 5,838,928 kali. Subscriber Kekey pun melonjak menjadi 239.404 dengan 29.694 komentar.

Sebenarnya, apa sih yang membuat sebuah video kecantikan bisa meledak dan viral? Adakah formula khusus agar bisa menjadi beauty vlogger alias pembuat video kecantikan sukses? Kira-kira kenapa para beauty vlogger seperti Tasya Farasya, Rachel Goddard, dan Dinda Shafay bisa terkenal dan menjadi influencer di dunia kecantikan tanah air?

Ok, buat kamu yang berkeinginan menjadi beauty vlogger yang sukses menjaring banyak subscriber sehingga bisa mendapat duit dari Google AdSense, intip tips Digination.id yang disarikan dari YouTube Creator Academy berikut ini.

Baca juga: Jadi Youtuber Terkaya Sejagad? Bisa!

Harus unik dan kreatif serta menjadi diri sendiri

Untuk menggaet penonton, seorang beauty vlogger harus menawarkan sesuatu yang unik dan kreatif. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menjadi diri sendiri dan tidak ikut-ikutan gaya orang lain. Alasan kenapa video Kekey bisa menjadi viral adalah karena dia justru menjadi diri sendiri. Ia menggunakan alat make up seadanya, memakai produk kecantikan dengan harga terjangkau, termasuk latar video yang apa adanya, lengkap dengan suara ayam di kejauhan.

Keunikan tersebut justru menjadikan kekuatan Kekey dalam menggaet penonton. Andai saja ia tidak menjadi dirinya sendiri dan meniru banyak video tutorial kecantikan yang banyak beredar, kemungkinan namanya tidak akan bisa melejit seperti saat ini. Contoh lain beauty vlogger yang menawarkan sesuatu unik dan kreatif adalah Mama Rezky yang memberikan tutorial memutihkan kulit wajah menggunakan susu beruang. Kekey dan Mama Rezky adalah contoh beauty vlogger yang menjadikan keunikan diri sebagai daya tarik.

Jadi, jadilah dirimu sendiri karena pemirsa biasanya tertarik pada hal-hal yang otentik. Dengan menjadi diri sendiri, kamu dapat membantu membangun hubungan yang kuat dengan penonton. Saluran kecantikan dan mode terkenal biasanya didominasi oleh mereka yang memiliki kepribadian yang unik dan menarik. Ciri khas akan membuatmu cepat dikenali dan membedakannya dengan beauty vlogger lainnya.

Baca juga: Cara Dapatkan Uang Lewat YouTube

Beauty kit. (Foto: Unsplash)
Kenali sasaran pemirsa kamu

Tips selanjutnya untuk menjadi beauty vlogger sukses adalah dengan mengenali sasaran pemirsa yang ingin kamu tuju. Ini membuatmu memahami jenis konten yang menarik bagi pemirsa. Jelajahi banyak saluran kecantikan, lihat dan pahami konten mana yang mendapatkan banyak views. Bereksperimenlah dengan berbagai macam ide dan konten yang menarik.

Yang perlu diperhatikan saat membuat video kecantikan di YouTube, anggaplah seolah tidak sedang berbicara di depan kamera. Bicaralah seolah-olah sedang berbincang dengan teman. Ini akan membuat pemirsa merasa kamu berbicara dengan mereka secara pribadi. Hal ini akan mendorong keterlibatan dan interaksi, sehingga membuat saluran kecantikanmu diminati banyak penonton.

Konsistensi dalam membuat dan mengunggah video

Jangan lupa bahwa konsistensi adalah kunci dalam kesuksesan vlogging kecantikan di YouTube. Usahakan untuk mengunggah video 2 kali atau setidaknya 1 kali dalam seminggu. Pertahankan jadwal tersebut agar pemirsa tidak berganti ke saluran lain. Dengan rajin mengunggah video, penonton akan hapal jadwal tayang dan membuat mereka bertanya-tanya jika kamu absen mengunggah. Tentunya hal ini akan membuat mereka terus tertarik dan penasaran dengan videomu.

Videografi dan editing yang ciamik

Bukan hanya soal konten saja, lho yang membuat sebuah video bisa menarik penonton. Videografi dan editing yang ciamik juga menjadi salah satu poin utama. Ketrampilan membuat video yang bagus dan editing yang rapi adalah hal penting yang harus dikuasai oleh seorang beauty vlogger.

Bisa kamu perhatikan video para beauty vlogger yang sudah ternama dan ngehits. Pasti tampilan video mereka dikemas secara rapi dan menarik. Mulai dari resolusi, pencahayaan, latar belakang, backsound, dan lain sebagainya. Belajarlah sedikit demi sedikit tentang videografi dan teknik editing video agar videomu terlihat bagus dan terkesan profesional.

Jadi, siap menjadi beauty vlogger tenar seperti Kekey atau Tasya Farasya?

Baca juga: Sst, Nih 10 Tips dari Pakar YouTube

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Creator Academy, Vlognation
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB