LogoDIGINATION LOGO

Perilaku Emak Zaman Now Saat Belanja Online, Kamu Gitu Juga Moms?

Oleh Ana Fauziyah Rabu, 14 November 2018 | 11:15 WIB
Share
belanja online (shutterstock)
Share

Namanya ibu-ibu muda pasti demen yang namanya belanja barang keperluan anak, entah itu pakaian, popok bayi, susu formula, atau produk-produk kebutuhan bayi lainnya. Apalagi bagi ibu yang baru dikaruniai anak, euforia memiliki anak tak jarang membuat mereka kalap dan menghabiskan banyak uang untuk keperluan anaknya. Mau gimana lagi? Habis sayang anak, sih!

Dulu euforia belanja untuk keperluan anak ini dilampiaskan dengan mengunjungi mal ataupun supermarket dan memborong banyak barang. Zaman now ini di mana para ibu-ibu muda merupakan kelompok demografi yang digital savvy, euforia belanja ini bergeser ke online (dalam jaringan/ daring) alias belanja melalui dunia maya seperti di marketplace atau media sosial.

Menurut survei ecommerceIQ beberapa waktu lalu terhadap 1.144 ibu Indonesia, para ibu muda di Indonesia semakin mengandalkan internet untuk membantu mereka menjalani peran sebagai orang tua. Selain belanja, internet dijadikan sebagai tempat penting untuk ‘menimba ilmu’ parenting. Survei itu juga menunjukkan 66% ibu di Indonesia mengaku membeli  keperluan bayi secara online.

Dengan persentase tersebut, tren para ibu muda yang belanja online kemudian membentuk perilaku tersendiri. Seperti apa perilaku emak-emak zaman now saat berbelanja online? Disarikan dari laporan ecommerceIQ, Senin (12/11), berikut trennya...

Baca Juga: Nggak Cuma Belanja, Para Ibu Juga Manfaatkan eCommerce untuk Ngerumpi

Perilaku emak zaman now saat belanja online. (Foto: Pexels)

Mengandalkan saran dari teman-teman

Dalam mencari informasi suatu produk, ibu-ibu milenial ternyata lebih mempercayai saran dan rekomendasi yang diberikan oleh teman-teman dekat, kerabat, atau orang-orang di sekitar mereka daripada informasi dari iklan atau media.

Para ibu ini umumnya berasumsi jika suatu produk cocok dipakai oleh bayi teman-temannya berarti kemungkinan juga cocok dipakai oleh bayinya. Apalagi saat belanja online tidak bisa menyentuh dan melihat langsung produk yang diinginkan, sehingga saran dan rekomendasi orang-orang terdekat menjadi sangat penting.

Berbelanja online di toko resmi

Untuk menghindari kemungkinan mendapatkan barang yang tidak asli, para ibu milenial lebih memilih berbelanja online di toko resmi. Mereka membutuhkan garansi penuh terhadap kualitas produk karena berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan sang buah hati.

Membandingkan banyak toko untuk mendapat harga termurah

Temuan ecommerceIQ menyebutkan bahwa kebanyakan wanita mengunjungi banyak situs  untuk menemukan penawaran terbaik. Sebelum memutuskan checkout pesanan, para ibu milenial akan browsing sebanyak mungkin dan mengunjungi banyak toko online terlebih dahulu. Mereka akan membandingkan toko online mana yang memberikan harga termurah untuk produk yang sama. Memang harga murah ternyata masih menjadi poin utama untuk merebut hati konsumen ibu-ibu milenial, lho.

Kamu begitu juga, Mom?

Baca juga: Ibu Zaman Now Cari Barang Ini Saat Online

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Business 2 Community, Ecommerce IQ
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Ternyata Ini Cara Mendapatkan Pendanaan Investor!

Mencapai pendanaan Series A untuk sebuah startup butuh waktu yang tidak cepat. Oleh karena itu, jangan pernah menyerah dan yakin kan selalu diri agar bisnismu dilirik investor.

Kamis, 13 Desember 2018 | 08:15 WIB

Sst... Ini Dia Tren Artificial Intelligence Tahun 2019!

Perkembangan pesat teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan tidak dapat dibendung lagi. Teknologipun berhasil masuk ke dalam segala bidang kehidupan manusia termasuk dunia bisnis. Lalu bagaimana tren AI pada tahun 2019?

Rabu, 12 Desember 2018 | 08:15 WIB

Bosan Saat Delay? Mmm, 'Jualan', Nyok!

Menunggu waktu delay tentu membosankan dan menyebalkan. Daripada buang-buang waktu percuma, kamu bisa manfaatkan waktu ini untuk mempromosikan bisnis. Kenapa, nggak?

Selasa, 11 Desember 2018 | 16:15 WIB

Perluas Jaringan Bisnis Dengan 3 Tips Ini!

Berbisnis tidak bisa dilakukan sendiri, butuh rekan untuk berkolaborasi. Tapi, apa artinya kolaborasi tanpa jaringan pertemanan yang luas?

Selasa, 11 Desember 2018 | 11:15 WIB

6 Cara Hadapi "Toxic Boss"

Punya bos yang gak enak tentu akan berpengaruh pada produktivitas dan kualitas kerja. Jangan buru-buru resign, pelajari dulu 6 hal ini

Senin, 10 Desember 2018 | 11:15 WIB

Nih, Peluang Investasi Baru: eSport!

Industri eSport menjadi sorotan para investor karena menjanjikan keuntungan yang besar dalam beberapa tahun investasi. Namun sebelum memulai investasimu di dunia eSport kamu harus mengetahui 4 hal ini.

Jumat, 7 Desember 2018 | 16:15 WIB