LogoDIGINATION LOGO

Era Digital, Industri Kesehatan Hadapi Bahaya Ini

Oleh Alfhatin Pratama Jumat, 9 November 2018 | 16:45 WIB
Share
Ilustrasi berlindung dari bahaya (shutterstock)
Share

Industri kesehatan yang terus menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi. Di era digital seperti sekarang, berbagai inovasi menghadirkan pemanfaatan Big Data, kecerdasan buatan (AI), blockchain, dan teknologi pendukung lainnya untuk menyulap wajah baru industri kesehatan. 

Tetapi, di tengah maraknya penggunaan teknologi, masih tetap saja ada bahaya yang harus menjadi perhatian utama demi keberlangsungan dunia kesehatan. Tahun 2018, Emergency Care Research Institute atau ECRI Institute, sebuah organisasi nirlaba yang berfokus pada peningkatan kualitas perawatan pasien, merilis beberapa bahaya yang harus dihadapi industri kesehatan di era digital. Yuk, penjelasan yang telah ditangkum oleh Digination.id!

Baca juga: 10 Teknologi Kesehatan Masa Depan

Cybersecurity

Menurut ECRI Institute, pada 2019 potensi para peretas mengeksploitasi sistem akses online untuk menyusup ke perangkat dan sistem jaringan organisasi industri kesehatan adalah bahaya nomor satu yang harus diperhatikan. 

Seperti yang dirilis dalam Medscape, David Jamison, direktur eksekutif Health Devices Group di ECRI mengatakan, "Serangan para peretas dapat meluas dan parah. Hal ini harus menjadi perhatian utama bagi industri kesehatan karena bisa menyebabkan bahaya yang besar atau kematian". Semua pemain dalam industri ini harus selalu mengawasi, melindungi, dan meningkatkan keamanaan data dalam sistem sibernya. 

Apalagi pemain startup yang menawarkan layanan kesehatan berbasis aplikasi online. Mereka harus melawan peretas yang tidak bertanggungjawab supaya layanan yang diberikan tetap berjalan dengan baik.

Baca juga: Keamanan Siber Sangat Penting di Era Digital

Pelayanan kesehatan berbasis teknologi (shutterstock)

Perangkat canggih

Industri kesehatan di era digital tidak semua soal aplikasi online. Inovasi perangkat pendukung yang canggih, biasaya tersedia di Rumah Sakit, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan juga menjadi tolak ukur kualitas pemberi layanan.

Kesalahan pengoperasian perangkat bisa terjadi kapan saja. Misalnya, staf kesehatan tidak mengisi daya dengan sempurna, tidak melakukan perawatan terhadap perangkat tersebut, dan kesalahan pemrograman. Oleh karena itu, staf kesehatan harus dipersiapkan untuk melek teknologi supaya bisa beradaptasi dengan perangkat canggih yang harus dioperasikan.

Selain itu, perangkat canggih pun juga dapat mengalami kecacatan sendiri yang sulit dihindari. Misalnya, kesalahan menunjukkan indikator detak jantung pasien. Hal ini harus diwaspadai karena dapat menimpulkan kerugian besar pada pasien atau yang lebih buruk lagi, kematian.

Baca juga: 4 Implementasi IBM Watson Analytics Dalam Industri Kesehatan

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Medscape, ECRI Institute
TAGS
RECOMMENDATION

5 Hal Ini Bisa Digihealth Lakukan

Teknologi hadir menjadi solusi atas masalah layanan kesehatan yang selama ini ada. Apa saja masalah yang dapat diselesaikan oleg teknologi dalam bidang kesehatan?

Selasa, 30 Oktober 2018 | 08:15 WIB

3 Kunci Sukses Bisnis Digihealth

Teknologi terus memberikan dampak positif pada bidang kesehatan tapi belum semua masalah pada bidang ini terselesaikan. Yuk, simak 3 peluang sukses bisnis digihealth!

Minggu, 4 November 2018 | 08:05 WIB
LATEST ARTICLE

Ternyata Ini Cara Mendapatkan Pendanaan Investor!

Mencapai pendanaan Series A untuk sebuah startup butuh waktu yang tidak cepat. Oleh karena itu, jangan pernah menyerah dan yakin kan selalu diri agar bisnismu dilirik investor.

Kamis, 13 Desember 2018 | 08:15 WIB

Sst... Ini Dia Tren Artificial Intelligence Tahun 2019!

Perkembangan pesat teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan tidak dapat dibendung lagi. Teknologipun berhasil masuk ke dalam segala bidang kehidupan manusia termasuk dunia bisnis. Lalu bagaimana tren AI pada tahun 2019?

Rabu, 12 Desember 2018 | 08:15 WIB

Bosan Saat Delay? Mmm, 'Jualan', Nyok!

Menunggu waktu delay tentu membosankan dan menyebalkan. Daripada buang-buang waktu percuma, kamu bisa manfaatkan waktu ini untuk mempromosikan bisnis. Kenapa, nggak?

Selasa, 11 Desember 2018 | 16:15 WIB

Perluas Jaringan Bisnis Dengan 3 Tips Ini!

Berbisnis tidak bisa dilakukan sendiri, butuh rekan untuk berkolaborasi. Tapi, apa artinya kolaborasi tanpa jaringan pertemanan yang luas?

Selasa, 11 Desember 2018 | 11:15 WIB

6 Cara Hadapi "Toxic Boss"

Punya bos yang gak enak tentu akan berpengaruh pada produktivitas dan kualitas kerja. Jangan buru-buru resign, pelajari dulu 6 hal ini

Senin, 10 Desember 2018 | 11:15 WIB

Nih, Peluang Investasi Baru: eSport!

Industri eSport menjadi sorotan para investor karena menjanjikan keuntungan yang besar dalam beberapa tahun investasi. Namun sebelum memulai investasimu di dunia eSport kamu harus mengetahui 4 hal ini.

Jumat, 7 Desember 2018 | 16:15 WIB