LogoDIGINATION LOGO

Seperti Apa Facebook Messenger untuk Bisnis?

Oleh Ana Fauziyah Selasa, 6 November 2018 | 17:00 WIB
Share
ilustrasi bermedia sosial (shutterstock)
Share

Semua orang punya aplikasi favorit yang digunakan sebagai media komunikasi. Tapi, seberapa sering kamu memakai Facebook Messenger untuk komunikasi sehari-hari? Buat yang sedang menjalankan bisnis, kamu perlu tahu Facebook baru-baru ini meluncurkan Messenger versi terbaru yang diklaim lebih efisien untuk mengelola bisnis.

Seperti apa sih ‘jeroan’ Facebook Messenger versi 4.0 dan apa manfaatnya buat pebisnis? Yuk kita kulik tuntas.

Fitur yang lebih sederhana

Facebook Messenger adalah salah satu aplikasi paling populer untuk perangkat seluler. Aplikasi ini sering memegang posisi teratas di Google Play Store dan peringkat besar di iOS App Store. Dengan versi terbarunya, Facebook berharap akan lebih banyak penggunanya menghabiskan waktu memakai Facebook Messenger. Aplikasi versi terbaru juga diharapkan mampu memberikan pengalaman yang lebih baik bagi penggunanya.

Dalam pernyataan resminya yang dilansir dari INC-Asean, Selasa (6/11), Facebook menyampaikan temuan studi yang menyatakan bahwa 7 dari 10 orang atau 71% orang lebih memilih aplikasi pesan yang sederhana untuk berkomunikasi dengan teman-teman dan kerabatnya. Beranjak dari studi tersebut Facebook Messenger versi 4.0 diperbarui dengan prinsip kesederhanaan.

Baca juga: Tinggalkan Facebook, Pengguna Remaja Pilih Instagram dan Snapchat

Tab dipangkas hanya 3 dari sebelumnya 9

Dalam versi terbarunya, banyak perubahan pada Messenger yang membuat aplikasi ini semakin efisien. Pembaruan terbaru dirancang untuk membuat aplikasi lebih mudah dinavigasi dan lebih sederhana bagi pengguna. Hal ini dilakukan dengan cara menghapus fitur-fitur yang kurang dimanfaatkan oleh pengguna.

Untuk mempermudah menemukan dan menggunakan fitur aplikasi, Messenger versi baru memangkas jumlah tab yang awalnya 9 menjadi hanya 3 saja yaitu Chat, People, dan Discover Tab. Semua percakapan pengguna, baik pribadi maupun orang-orang dengan grup dimasukkan di tab Chat. Pengguna dapat dengan mudah menemukan fitur komunikasi visual seperti kamera, sehingga dapat mengambil foto dan video untuk dibagikan.

ilustrasi aplikasi komunikasi di berbagai platform (shutterstock)
Informasi tentang daftar teman dipindahkan ke tab People. Di sini pengguna dapat menemukan teman, mengetahui stories dan melihat semua orang yang aktif. Tab Discover merupakan yang paling penting bagi pebisnis untuk tujuan pemasaran. Tab ini membuat pengguna terhubung dengan bisnis untuk mendapatkan penawaran terbaru. Selain itu bisa digunakan juga untuk menampilkan iklan produk, iklan pemasangan aplikasi, dan lainnya.

Baca juga: Lewat Facebook Messenger Usaha Kecil Bisa Go Digital

Bagi pebisnis, pembaruan ini tentu saja sangat menguntungkan. Aplikasi yang mudah dinavigasi akan semakin memudahkan dalam melayani dan membalas pesan  pelanggan. Selain itu, dengan dihapusnya fitur-fitur yang kurang berguna akan membuat pekerjaan lebih efisien.

Untuk membantu pengguna terbiasa dengan perubahan baru tersebut, fitur yang diperbarui akan diluncurkan secara bertahap. Selain pembaruan besar pada tata letak konten Messenger, Facebook juga mengumumkan beberapa fitur baru yang akan mereka perkenalkan dalam waktu dekat, antara lain Dark Mode yang dapat mengurangi silau dari ponsel.

Baca juga: Sst, Ada Updates Facebook Untuk 2019

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: inc-asean, Adespresso
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

KASKUS Ingin Komunitas Lebih Melek Hukum

Platform komunitas online terbesar di Indonesia, KASKUS, mengumumkan investasi pada KontrakHukum.com. Targetnya, komunitas di seluruh Indonesia bisa lebih melek hukum.

Rabu, 14 November 2018 | 15:20 WIB