LogoDIGINATION LOGO

Diskon Belanja Online Bikin Kalap? Coba Tips Ini

Oleh Ana Fauziyah Senin, 5 November 2018 | 12:00 WIB
Share
ilustrasi belanja online (Shutterstock)
Share

Tidak hanya musim hujan saja yang terjadi di bulan November ini, musim diskon juga sedang menjamur di situs-situs eCommerce. Sebagai rangkaian menuju Hari Belanja Nasional (Harbolnas), tanggal 11 November telah ditetapkan sebagai momen untuk menawarkan promo yang menarik konsumen. Hmm, hati siapa tak kepincut mendengar kata diskon?

Diskon dan promo sejak dulu menjadi magnet utama yang menarik minat para konsumen. Apalagi biasanya saat momen 11.11, kebanyakan toko online menawarkan diskon besar-besaran, tak tanggung-tanggung bahkan sampai 90%. Buat kamu yang doyan belanja online, tentu diskon yang bertaburan di marketplace tersebut bisa bikin hati kebat-kebit.

Tapi tunggu dulu. Sebelum kamu kalap belanja online dan menguras isi dompet, kamu harus bisa menahan diri. Jangan sampai kamu terjebak membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan hanya karena diskon. Berikut adalah tips yang disusun oleh Digination.id agar kamu tidak kalap belanja online di momen 11.11 ini.

  1. Buatlah anggaran sesuai kemampuan kantong

Tips pertama yang harus kamu lakukan agar tidak kalap belanja online di momen 11.11 adalah membuat anggaran. Anggaran ini berguna agar kamu bisa membatasi berapa banyak nominal rupiah yang akan kamu habiskan untuk belanja. Yang harus diperhatikan, sesuaikan anggaran belanja dengan kemampuan kantong. Jangan sampai besar pasak daripada tiang ya!

  1. Buatlah daftar barang yang ingin dibeli

Buatlah daftar barang yang ingin dibeli untuk mengantisipasi agar kamu tidak membeli barang-barang yang tidak kamu butuhkan. Daftar ini bisa dianggap panduan dan pengingat saat kamu mulai tergiur barang-barang yang tidak ada dalam daftar. Buatlah daftar ini dengan mempertimbangkan anggaran yang telah kamu tetapkan di awal.

  1. Bandingkan harga termurah di antara semua toko

Saat momen 11.11, banyak toko online yang menawarkan barang dengan harga sangat miring. So, pastikan kamu mendapatkan harga yang paling murah di antara semua toko. Hal ini bisa kamu lakukan dengan membandingkan harga termurah dari tiap toko. Pilihlah toko yang memberikan penawaran harga termurah di antara yang lain. Tapi tetaplah hati-hati agar tidak terjebak mendapat harga murah tapi kualitas murahan.

  1. Belanja di toko online terpercaya

Toko online juga tidak luput dari para oknum yang bermain tipu-menipu. Agar kamu tidak terjebak berurusan dengan toko abal-abal, pastikan kamu berbelanja di toko online terpercaya. Biasanya toko yang sudah terpercaya ditandai dengan jumlah ulasan positifnya yang banyak, mendapat tanda trusted seller atau star seller, dan memiliki pengikut yang tidak sedikit.

  1. Pertimbangkan ongkos kirim

Apa arti harga murah kalau ongkos kirim berlipat-lipat? Meski barang yang ditawarkan telah didiskon sampai 50% hingga 90%, namun apa gunanya jika ongkos kirimnya malah membuat nafas sesak. Jadi, pastikan kamu memilih toko online yang menawarkan pengiriman gratis atau memberikan subsidi ongkos kirim ya.

Kamu sudah mulai berburu barang favorit?

Sumber: opini dan pengalaman pribadi

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
RECOMMENDATION

Bijak Belanja Saat Harbolnas

Ajang belanja terbesar Hari Belanja Online Nasional atau yang lebih dikenal dengan Harbolnas akan berlangsung besok pada hari Selasa, 12 Desember 2017

Senin, 11 Desember 2017 | 02:58 WIB
LATEST ARTICLE

KASKUS Ingin Komunitas Lebih Melek Hukum

Platform komunitas online terbesar di Indonesia, KASKUS, mengumumkan investasi pada KontrakHukum.com. Targetnya, komunitas di seluruh Indonesia bisa lebih melek hukum.

Rabu, 14 November 2018 | 15:20 WIB