LogoDIGINATION LOGO

Capek Antri ke Dokter? Coba 5 Aplikasi Ini

Oleh Ana Fauziyah Senin, 5 November 2018 | 16:10 WIB
Share
ilustrasi aplikasi kesehatan (Shutterstock)
Share

Pernahkah kamu mengantri berjam-jam di ruang tunggu hanya untuk bertemu dengan dokter selama 5 menit? Pengalaman mengantri di rumah sakit mungkin menjadi salah satu momen menjemukan bagi kamu. Namun dengan semakin berkembangnya aplikasi kesehatan, berkonsultasi dengan dokter kini hanya cukup melalui ponsel kamu lho.

Untuk memudahkan kamu berkonsultasi dengan dokter, Digination.id telah merangkum aplikasi kesehatan yang fokus melayani konsultasi dengan pasien. Daftar ini disusun berdasarkan jumlah unduhan dan rating yang diberikan pengguna di PlayStore. Tanpa harus mengatur janji kunjung dan mengantri lama, berikut adalah 5 aplikasi konsultasi dokter yang bisa kamu gunakan.

  1. Alodokter – Chat Bersama Dokter

Alodokter digadang-gadang sebagai aplikasi kesehatan yang menyediakan informasi kesehatan akurat, tepat dan responsif. Melalui Alodokter, kamu bisa konsultasi langsung dengan dokter umum ataupun dokter spesialis tanpa harus membuat daftar janji, pergi ke klinik dan menunggu. Ini seperti kamu memiliki dokter pribadi yang bisa ditanyai kapan saja.

Kamu juga bisa bertanya apa saja tentang info penyakit, tips kesehatan, nama obat dan kegunaan obat. Semua informasi tersebut bisa diakses secara gratis oleh pengguna. Selain itu, Alodokter juga menyediakan rekam medis yang bisa digunakan untuk kebutuhan konsultasi dengan dokter. Aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna dan mendapatkan rating 4,7 di PlayStore.

  1. Halodoc – Dokter, Apotik dan Lab dalam Genggaman

Halodoc merupakan aplikasi kesehatan yang menyediakan fitur konsultasi dengan dokter secara langsung kapan saja selama 24 jam. Semua dokter yang bergabung dengan Halodoc diklaim telah terdaftar dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Halodoc juga menyediakan fitur apotik antar yang melayani pembelian obat dan diantarkan langsung ke rumah pasien.

Selain fitur konsultasi dengan dokter dan apotik antar, Halodoc juga menyediakan fitur layanan laboratorium yang bekerjasama dengan klinik kesehatan Prodia. Sampai saat ini, Halodoc telah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna dan mendapatkan rating 4,5 di PlayStore.

  1. KlikDokter – Konsultasi Gratis 24 Jam

Aplikasi KlikDokter memberikan layanan medis dan kesehatan dengan cara menyediakan akses konsultasi dengan dokter selama 24 jam penuh. Topik konsultasi yang disediakan juga bermacam-macam di antaranya seputar kulit dan kelamin, kehamilan dan kesuburan, gizi dan diet, gigi dan mulut, dan lain sebagainya.

Selain fitur konsultasi langsung dengan para dokter, KlikDokter juga menyediakan informasi mengenai dunia kesehatan yang ditulis langsung oleh dokter ahli di bidangnya. Aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 100 ribu pengguna dan mendapat rating 4,3 di PlayStore.

  1. YesDok – Layanan Dokter 24 Jam

YesDok merupakan aplikasi konsultasi kesehatan yang menyediakan akses kepada para dokter ahli selama 24 jam. Melalui aplikasi pengguna bisa berkomunikasi langsung dengan para dokter baik melalui fitur pesan, voice call, maupun video call. Pengguna bisa mendapatkan saran kesehatan, diagnosis awal penyakit, dan rekomendasi pengobatan dan perawatan.

Selain itu, YesDok juga menyedikan layanan pengantaran obat sesuai resep yang telah diberikan dokter. Pengguna juga bisa mengunggah hasil lab untuk mendapatkan keterangan yang memuaskan dari dokter ahli. YesDok telah diunduh oleh lebih dari 100 ribu pengguna dan mendapat rating 4,6 di PlayStore.

  1. Teman Diabetes

Teman Diabetes merupakan aplikasi kesehatan yang khusus membantu pasien mengelola kondisi kesehatan dan penyakit diabetes yang dideritanya. Diabetes sendiri merupakan penyakit yang banyak diderita oleh orang Indonesia. Berkolaborasi dengan para profesional, Teman Diabetes dilengkapi dengan DNurse yang mampu mengukur kadar glukosa dalam darah dalam hitungan detik, menganalisa makanan yang dikonsumsi dan aktivitas pasein.

Pengguna juga bisa mendapatkan terkoneksi dengan para penderita lainnya sehingga bisa saling mendukung. Juga mendapatkan support dari para dokter sepesialis melalui Teman Diabetes Forum ataupun dengan mendatangi acara-acara yang diadakan oleh Teman Diabetes. Aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 10 ribu pengguna dan mendapat rating 4,7 di Play Store.

So, kamu sudah pakai aplikasi yang mana? 

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Alodokter, Klikdokter, Teman Diabetes, Halodoc, YesDok
TAGS
RECOMMENDATION

10 Teknologi Kesehatan Masa Depan

Kemajuan dunia media tidak bisa lepas dari peran teknologi di dalamnya. Teknologi canggih ini membantu meningkatkan mutu perawatan kesehatan untuk lebih baik lagi. Lalu apa saja teknologi yang dimanfaatkan dalam dunia kesehatan? Berikut 10 daftarnya.

Sabtu, 3 November 2018 | 16:00 WIB

3 Kunci Sukses Bisnis Digihealth

Teknologi terus memberikan dampak positif pada bidang kesehatan tapi belum semua masalah pada bidang ini terselesaikan. Yuk, simak 3 peluang sukses bisnis digihealth!

Minggu, 4 November 2018 | 08:05 WIB
LATEST ARTICLE

KASKUS Ingin Komunitas Lebih Melek Hukum

Platform komunitas online terbesar di Indonesia, KASKUS, mengumumkan investasi pada KontrakHukum.com. Targetnya, komunitas di seluruh Indonesia bisa lebih melek hukum.

Rabu, 14 November 2018 | 15:20 WIB