LogoDIGINATION LOGO

Ingin Produkmu Laku Terus? Coba 16 Ide Ini!

Oleh Dikdik Taufik Hidayat Jumat, 2 November 2018 | 11:00 WIB
Share
ilustrasi musim liburan (shutterstock)
Share

Apakah bisnismu bergantung pada musim, baik musim penghujan atau musim kemarau? Kamu tahu, kan bagaimana bisnis bisa melambat saat bukan musimnya? Coba 16 ide pemasaran ini untuk membuat pelanggan tetap tertarik (dan membeli, tentunya) sepanjang tahun.

Penawaran spesial di luar musim

Ada alasan mengapa resor di gurun memberi diskon saat cuaca sangat dingin atau panas. Mengurangi harga di luar musim adalah cara termudah untuk menarik pelanggan. Coba adakan flash sale atau penjualan satu hari. Tidak ada yang mengalahkan penawaran dalam waktu yang sangat terbatas!

Buatlah kontes

Orang mungkin tidak siap membeli paket pelajaran surfing di musim hujan— tetapi mereka masih terbuka untuk memenangkannya. Gunakan kontes untuk mengumpulkan alamat e-mail dan dapatkan izin untuk mengirim e-mail kepada peserta. Anda akan membangun daftar prospek untuk musim sibuk.

Berusahalah mendapatkan referensi

Hubungi pelanggan yang puas dan minta mereka untuk merujuk kamu pada orang lain yang mungkin menginginkan layanan atau produkmu. Kamu dapat menawarkan hadiah untuk referensi, seperti kupon diskon atau kartu hadiah.

Kembangkan ulasan onlinemu

Minta pelanggan sebelumnya untuk meninjau bisnismu secara online. Buatlah lebih mudah dengan mengirim tautan melalui e-mail sehingga yang harus mereka lakukan hanyalah mengklik dan mengetik. Pastikan untuk memperhatikan ulasan yang negatif untuk kemudian diperbaiki.

Baca juga: Mau Pitching Startup Efektif? Hanya Butuh 10 Slide

berpikir

Adakan acara untuk pelanggan setiamu

Bangun niat baik dengan memberi hadiah kepada pelangganmu dengan acara yang menyenangkan. Ini bisa menjadi promosi untuk ke depannya atau hanya pesta untuk mengucapkan terima kasih kepada mereka.

Memasarkan produk atau layanan yang berbeda

Misalnya, bisnis perawatan kebun binatang dapat menawarkan layanan pemeliharaan taman. Toko es krim bisa menambahkan minuman kopi panas atau cokelat panas ke menu.

Targetkan pasar geografis baru

Jika bisnismu terkait cuaca, gunakan peluang ini untuk mencapai pasar baru dengan cuaca yang berbeda.

Targetkan pasar demografis baru

Ketika musim wisata melambat, pemilik hostel dan homestay dapat mempromosikan lokasi mereka sebagai tempat untuk pertemuan bisnis di luar gedung.

Beralih dari konsumen ke perusahaan

Jika kamu memiliki bisnis yang berorientasi pada konsumen, cobalah targetkan pelanggan korporat selama musim liburan. Misalnya, seorang pemilik truk makanan dapat mencari peluang untuk mengisi katering di perusahaan atau menemukan pameran dagang dan acara di mana mereka dapat mendirikan stan makanan.

Baca juga: Berapa Usia Ideal Membangun Startup?

mencari ide (shutterstock)

Bermitra dengan bisnis lokal

Jika bisnismu berada di kawasan wisata sehingga semua orang mengalami hal yang sama selama musim sepi, berkolaborasilah dengan pemilik bisnis lokal lainnya untuk brainstorming ide pemasaran yang berbeda.

Fokus pada pelanggan lokal

Jika kamu berada di kota wisata, adakan penjualan khusus untuk penduduk setempat sebagai clearance sale. Mereka akan menikmati penghematan tanpa perlu berebutan seperti di musim liburan.

Mendidik pelangganmu

Apa yang dapat kamu ajarkan kepada pelanggan untuk membantu mereka memanfaatkan produk atau layananmu? Jika kamu mengadakan kelas berlayar selama musim kemarau, misalnya, kamu dapat menawarkan kelas pemeliharaan perahu selama musim penghujan.

Cari tahu apa yang diinginkan pelangganmu

Apakah ada produk atau layanan yang sering diminta oleh pelanggan yang tidak kamu tawarkan? Jika tidak, lakukan survei pelanggan dan lihat apa produk atau layanan lain yang diminati pelanggan, lalu lakukan riset pasar tentang kelayakan untuk menambahkannya.

Baca juga: Kamu Lagi Cari Ide Bisnis?

berpikir hingga menemukan ide (shutterstock)

Fokus pada metode pemasaran rendah atau tanpa biaya

Berkonsentrasi pada saluran pemasaran yang membutuhkan lebih banyak waktu daripada uang, seperti media sosial, hubungan masyarakat, dan pemasaran lewat e-mail. Gunakan e-mail untuk tetap berhubungan dengan pelanggan selama musim liburan. Dapatkan izin pelanggan untuk mengirimi mereka e-mail, kemudian buat e-mail pemasaran reguler (katakanlah, sebulan sekali) untuk promosi spesial.

Gunakan media sosial dan e-mail untuk menyediakan konten yang bermanfaat

Apa bisnismu sebenarnya? Sebuah tempat tidur dan sarapan adalah tentang menyediakan tempat bagi pasangan untuk terhubung. Perjalanan wisata terbatas adalah tentang menciptakan kenangan seumur hidup. Bagaimana kamu dapat membantu pelanggan mencapai tujuan yang sama?

Buat rencana pemasaran untuk musim mendatang

Kamu akan memiliki lebih banyak waktu istirahat selama musim sepi. Gunakan ini untuk menyempurnakan rencana pemasaran untuk musim berikutnya dan mengurus proyek pemasaran yang kamu tidak punya waktu untuk ketika sibuk. Misalnya seperti mendesain ulang situs webmu atau mencari freelancer untuk membantu pemasaran.

Baca juga: Punya Ide Gila? Maju Terus Bos!

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Rieva Lesonsky, SBA Gov, GrowBiz Media
TAGS
RECOMMENDATION

Formula Sederhana Membangun Ide

Mengimplementasikan ide ke dalam produk nyata bukan perkara mudah bagi sebagian orang, tapi berbeda bagi Vice President of Product Google Anil Sabharwal

Kamis, 17 Mei 2018 | 10:04 WIB

5 Pertanyaan Untuk Memastikan Ide Bisnis

Ada banyak orang yang muncul membawa sebuah ide bisnis baru, namun tidak mampu membedakan mana ide yang bagus dan mana yang tidak terlalu bagus

Selasa, 12 Juni 2018 | 23:25 WIB
LATEST ARTICLE

KASKUS Ingin Komunitas Lebih Melek Hukum

Platform komunitas online terbesar di Indonesia, KASKUS, mengumumkan investasi pada KontrakHukum.com. Targetnya, komunitas di seluruh Indonesia bisa lebih melek hukum.

Rabu, 14 November 2018 | 15:20 WIB