LogoDIGINATION LOGO

Salah Cari Partner Bisnis? Awas Bubar di Tengah Jalan

author Oleh Ana Fauziyah Sabtu, 13 Oktober 2018 | 08:50 WIB
Share
ilustrasi gagal berbisnis (Shutterstock)
Share

Aktor dan publik figur, Christian Sugiono berbagi saran untuk menjadi seorang wirausahawan khususnya di industri kreatif. Suami dari artis Titi Kamal ini memang bukan orang baru di dunia startup dan creativepreneur, Christian merupakan otak di balik media humor malesbanget.com yang terkenal dengan konten travel video Jalan Jalan Men.

Dalam acara CoTalks: The Challenges on Becoming Creativepreneur yang diselenggarakan Cocowork, bapak satu anak ini berbagi tips sukses yang harus diperhatikan bagi mereka yang ingin menjadi seorang creativeprenuer. Disarikan dari keterangan resmi yang diterima Digination.id, berikut adalah tiga tips sukses jadi creativepreneur ala Christian Sugiono:

  1. Tahu apa yang akan dikerjakan

Menurut Christian, tahu apa yang harus dikerjakan menjadi step awal untuk memulai. Sebab, menurutnya banyak orang ingin yang menjadi seorang creativepreneur namun tidak tahu apa yang akan dikerjakan padahal ide bisa dicari dengan mudah.

Dia mencontohkan seperti saat dirinya membangun malesbanget.com yang idenya berawal dari iseng semata. Hal tersebut bermula pada tahun 2001 ketika dia masih kuliah di Jerman. Ia sering menggunakan Internet Relay Chat (IRC) untuk berbincang dengan sesama orang Indonesia yang tinggal di luar negeri. Channel IRC yang berisi tentang guyonan Christian dan beberapa temannya diberi nama #malesbanget. Maka, terpikirlah sebuah ide untuk membeli domain malesbanget.com yang pada akhirnya dipakai untuk mengakomodasi guyonan mereka. 

Proyek iseng itu sempat terhenti pada tahun 2006. Baru pada tahun 2011, Christian dan dua temannya fokus menggarap malesbanget.com karena menurutnya belum ada media yang fokus mengangkat humor dalam tiap kontennya.

  1. Menjalankan dengan hati

Setelah menemukan apa yang akan dikerjakan, menurut Christian hal kedua yang harus dilakukan adalah harus menjalankannya dengan sepenuh hati. “Ngerjain pakai hati itu pasti lebih bagus hasilnya dan istilahnya kalian enggak pakai tenaga dan keringat. Apalagi nanti banyak problem muncul. Ketika pakai hati mudah-mudahan permasalahan itu bisa lewat,” tuturnya.

  1. Mencari partner yang cocok

Saran ketiga untuk menjadi seorang creativepreneur dari Christian Sugiono adalah mencari partner yang tepat. Untuk hal ini, dia mengakui hal yang paling sulit. Dia meyakini tanpa partner yang tepat, ide untuk membangun sebuah usaha tidak akan bisa berjalan. Sehingga partner yang tepat merupakan tombak dalam menjalankan ide. 

“Paling susah ini cari partner, ketika kita punya ide kita harus punya partner yang bisa mengkomunikasikan ide dengan visi dengan jelas. Kadang-kadang orang kreatif itu susah komunikasinya karena mereka semuanya ada di kepala, jadi punya kelemahan berkomunikasi,” katanya.

Partner harus sangat tahu ide dan visi kamu itu seperti apa. Karena banyak kejadian saat partner dapat salah visi, salah komunikasi di tengah jalan, bubar,” imbuhnya lagi.

Christian Sugiono dalam acara Cotalks Cocowork (dok. Cocowork)

Christian mengatakan mencari partner dapat dilakukan dengan banyak berinteraksi. Menurutnya, keberadaan coworking space sangat membantu terciptanya kolaborasi. Dalam ruang kerja bersama biasanya juga tak ada ‘sekat’ yang membeda-bedakan latar belakang.

“Mungkin dulu kita nongkrong di Kafe A yang mungkin isinya anak-anak film gitu, dan kalau anak nonfilm kalau masuk sana jadi enggak enak, nah kalau di kantor bersama kan ada anak film, ada anak digital dan bisa saling ketemu bisa saling nge-blend dan muncul ide baru dan network, network, network,” katanya.

Keuntungan lain menurut Christian, orang yang bekerja dalam coworking space juga dapat lebih fokus. Dia berkelakar “Karena biasanya freelance atau orang yang enggak punya pekerjaan tetap atau profesi lain itu ke kafe jadi banyak ‘distraction’, ngopi, terus ada cewek lewat dan meeting-nya bubar. Karena kalau ada tempatnya jadi lebih terfokus jadi emang lebih niat. Kalau saya freelance ya ini kantor gue ya paling enggak, ada mood di situ,” katanya.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB