LogoDIGINATION LOGO

Founder Instagram Hengkang, Ada Apa Ya?

Oleh Ana Fauziyah Jumat, 28 September 2018 | 12:40 WIB
Share
Pengguna Instagram (Shutterstock)
Share

Secara mengejutkan dua founder Instagram, Kevin Systrom dan Mike Krieger mengumumkan pengunduran diri dari perusahaan yang mereka rintis bersama sejak tahun 2010. Ada apa di balik hengkangnya kedua pria itu?

Dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari The Guardian, Systrom hanya menyebutkan bahwa dia dan Krieger mengundurkan diri karena ingin beristirahat untuk mengeksplorasi rasa ingin tahu dan menggali kreativitas mereka lagi.

Namun desas-desus yang berkembang menyatakan bahwa alasan di balik keputusan mereka mengundurkan diri dari jabatan sebagai chief executive officer dan chief technical officer Instagram adalah karena ada ketegangan dengan pendiri Facebook Mark Zuckerberg.

Pada tahun 2012, layanan berbagi foto dan video tersebut memang diakuisisi oleh Facebook senilai US$ 1 miliar. Setelah akuisisi tersebut Instagram segera menjadi anak emas Facebook, popularitasnya kian menanjak dan memiliki pengguna lebih dari 1 miliar.

Baca juga: Jurus Dapatkan 1000 Follower di Instagrammu

ilustrasi (Unsplash)

Founder WhatsApp Juga Hengkang 

Ini bukan kali pertama pendiri perusahaan yang diakuisisi Facebook hengkang. Sebelumnya Jan Kroum, co-founder WhatsApp yang dibeli oleh Facebook pada tahun 2014, secara resmi mengundurkan diri dari WhatsApp. Hengkangnya Koum juga disebut-sebut dikarenakan tidak sejalan dengan Facebook soal data pengguna dalam beberapa tahun terakhir.

Isu penyalahgunaan data pengguna memang sedang menerpa Facebook. Menurut laporan Economic Times, terdapat hingga 87 juta pengguna Facebook yang datanya dibajak oleh pihak luar untuk dipakai sesuai kepentingan mereka sendiri. Facebook juga dituding menjadi kendaraan utama penyebaran hoax dan ujaran kebencian selama beberapa tahun terakhir.

Bahkan media sosial terbesar itu juga dituding telah mempengaruhi hasil pemilihan umum, contohnya antara lain berperan menyebabkan terpilihnya Presiden Donald Trump menjadi presiden AS pada 2017.

Facebook juga sedang menghadapi banyak pertanyaan dari regulator AS dan Inggris tentang skandal data penggunanya. Bahkan bos Facebook, Mark Zuckerberg dipanggil oleh Parlemen Eropa dan Kongres AS pada awal tahun ini terkait kasus tersebut.

Baca juga: Diterpa Skandal, Mesin Uang Facebook Tidak Berhenti

ilustrasi pengguna ponsel (Rawpixel/Unsplash)

Apa kata Zuckerberg?

Facebook sendiri belum memberi komentar resmi tentang pengunduran diri Systrom dan Krieger, namun Zuckerberg secara pribadi telah mengeluarkan pernyataan publik tentang rencana hengkangnya kedua partner bisnisnya tersebut. Zuckerberg mengatakan bahwa dia benar-benar menikmati bekerja dengan Systrom dan Krieger.

“Kevin dan Mike adalah pemimpin yang luar biasa dan Instagram mencerminkan gabungan bakat kreatif mereka,” tulis Zuckerberg. “Saya telah belajar dan bekerja dengan mereka selama enam tahun terakhir dan benar-benar menikmatinya. Saya berharap yang terbaik bagi mereka dan saya menantikan untuk melihat apa yang mereka bangun selanjutnya,” lanjut Zuckerberg.

Sementara Systrom mengatakan bahwa mereka bersyukur atas delapan tahun terakhir yang mereka lewati di Instagram dan enam tahun bekerja dengan tim Facebook. Systrom dan Krieger secara resmi akan berhenti bekerja di Instagram mulai satu bulan ke depan.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: The Guardian, Economic Times
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Ternyata Ini Cara Mendapatkan Pendanaan Investor!

Mencapai pendanaan Series A untuk sebuah startup butuh waktu yang tidak cepat. Oleh karena itu, jangan pernah menyerah dan yakin kan selalu diri agar bisnismu dilirik investor.

Kamis, 13 Desember 2018 | 08:15 WIB

Sst... Ini Dia Tren Artificial Intelligence Tahun 2019!

Perkembangan pesat teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan tidak dapat dibendung lagi. Teknologipun berhasil masuk ke dalam segala bidang kehidupan manusia termasuk dunia bisnis. Lalu bagaimana tren AI pada tahun 2019?

Rabu, 12 Desember 2018 | 08:15 WIB

Bosan Saat Delay? Mmm, 'Jualan', Nyok!

Menunggu waktu delay tentu membosankan dan menyebalkan. Daripada buang-buang waktu percuma, kamu bisa manfaatkan waktu ini untuk mempromosikan bisnis. Kenapa, nggak?

Selasa, 11 Desember 2018 | 16:15 WIB

Perluas Jaringan Bisnis Dengan 3 Tips Ini!

Berbisnis tidak bisa dilakukan sendiri, butuh rekan untuk berkolaborasi. Tapi, apa artinya kolaborasi tanpa jaringan pertemanan yang luas?

Selasa, 11 Desember 2018 | 11:15 WIB

6 Cara Hadapi "Toxic Boss"

Punya bos yang gak enak tentu akan berpengaruh pada produktivitas dan kualitas kerja. Jangan buru-buru resign, pelajari dulu 6 hal ini

Senin, 10 Desember 2018 | 11:15 WIB

Nih, Peluang Investasi Baru: eSport!

Industri eSport menjadi sorotan para investor karena menjanjikan keuntungan yang besar dalam beberapa tahun investasi. Namun sebelum memulai investasimu di dunia eSport kamu harus mengetahui 4 hal ini.

Jumat, 7 Desember 2018 | 16:15 WIB