LogoDIGINATION LOGO

Inilah Jasa Pengiriman Termurah dan Tercepat di 2018

author Oleh Ana Fauziyah Sabtu, 15 September 2018 | 08:15 WIB
Share
ilustrasi kurir mengantar kiriman (Shutterstock)
Share

Seiring dengan makin masifnya perkembangan eCommerce di Indonesia, industri logistik menjadi salah sektor yang ikut terdongkrak. Merespon perkembangan bisnis online yang semakin marak, perusahaan-perusahaan logistik di tanah air semakin berbenah diri dan berlomba-lomba meningkatkan pelayanan dan kemudahan dalam pengiriman barang. Apalagi dengan kecenderungan konsumen tanah air yang ingin jasa ekspedisi murah, cepat dan aman, perusahaan pengiriman saat ini dituntut untuk menjawab tantangan tersebut.

Sebagai salah satu mata rantai dalam bisnis online, banyak perusahaan jasa pengiriman yang telah bekerja sama dengan banyak eCommerce di tanah air, sebut saja Pos Indonesia, JNE, J&T Express, Sicepat, dan lain sebagainya. Beragamnya jasa ekspedisi yang ditawarkan di eCommerce tentu saja sangat menguntungkan konsumen, karena mereka bisa memilih jasa pengiriman sesuai ongkos kirim dan kebutuhan mereka.

Namun pada kenyataannya, masih banyak konsumen yang bingung memilih jasa pengiriman di antara sekian banyak perusahaan ekspedisi. Ada yang menawarkan kecepatan tapi dengan biaya mahal, ada yang menawarkan biaya murah tapi lama sampainya. Untuk itu, Digination.id mengumpulkan data dari 10 perusahaan jasa kurir untuk membandingkan mana saja yang menjanjikan kecepatan dengan biaya seminimal mungkin.

Metode yang digunakan adalah dengan melakukan simulasi ongkos kirim serta durasi pengiriman untuk paket seberat 1 kilogram dari Jakarta ke Surabaya. Simulasi dilakukan di website resmi masing-masing perusahaan jasa pengiriman. Rute Jakarta-Surabaya dipilih karena tidak memerlukan on transit seperti halnya jika mengirimkan ke daerah. Tarif yang dipilih merupakan tarif reguler karena kebanyakan toko online menggunakan jasa ini.

Berikut adalah tabel perbandingan ongkos kirim dan durasi pengiriman dari masing-masing jasa ekspedisi yang diambil pada tanggal 10 September 2018:

Berdasarkan tabel di atas, dapat disimpulkan bahwa tarif termurah untuk paket reguler seberat 1 kilogram dengan rute dari Jakarta ke Surabaya ditawarkan oleh Wahana dengan ongkos kirim hanya Rp.10.000. Sementara tarif termahal untuk rute tersebut ditawarkan oleh Pandu Express dengan ongkir sebesar Rp.20.000. Sedangkan tarif rata-rata yang ditawarkan dari semua ekspedisi adalah sebesar Rp.19.000.

Dari tabel tersebut juga dapat disimpulkan bahwa estimasi waktu pengiriman tercepat adalah 1-2 hari yang ditawarkan oleh Pos Indonesia, JNE, TIKI, dan Sicepat. Sedangkan estimasi waktu terlama adalah 2-4 hari yang dipegang oleh RPX.

Tarif Wahana

Meski begitu, pemilihan jasa pengiriman sendiri bergantung pada konsumen yang memiliki besaran bujet dan kebutuhan berbeda-beda. Pemilihan jasa ekspedisi juga dipengaruhi pada ketersediaan jasa pengiriman di lokasi di mana konsumen berada. Konsumen tentu cenderung memilih jasa kurir yang termurah dan tercepat. Namun harga murah tidak menjadi jaminan kecepatan waktu dan keamanan paket. Jika kamu ingin jasa kurir tercepat, maka harus rela merogoh kocek lebih mahal agar barang cepat sampai.

So, selalu cermat dalam memilih jasa ekspedisi saat belanja online ya!

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
RECOMMENDATION

Bagaimana Bisnis Logistik Masa Depan?

Penggunaan drone, robot, mobility apps, truk tanpa awak hingga artificial intelligence dimungkinkan terjadi di masa depan untuk mengatasi permintaan pengiriman logistik yang terus meningkat setiap tahunnya.

Selasa, 4 September 2018 | 11:30 WIB
LATEST ARTICLE