LogoDIGINATION LOGO

Yuk, Maksimalkan YouTube Untuk Bisnismu

Oleh Aulia Annaisabiru Kamis, 13 September 2018 | 08:30 WIB
Share
Ilustrasi (Shutterstock)
Share

Memperluas jangkauan pemasaran merupakan hal penting dalam mengembangkan bisnis. Memperkenalkan produk pada khalayak ramai agar semakin banyak yang mengenal dan akhirnya menjadi pelanggan. Tidak jarang para pebisnis memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produknya, entah menggunakan Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya. Tapi pernahkah kamu mendengar Youtube untuk memasarkan produk?

Sejak diluncurkan pada tahun 2005, Youtube menjadi alat marketing dan iklan yang ampuh di setiap bisnis. Jangkauan yang luas dan global menjadi nilai tambah platform berbagi video ini. Berdasarkan laporan dari Youtube untuk media, diketahui platorm ini telah memiliki lebih dari 1.000.000.000 pengguna aktif di seluruh dunia yang menghabiskan miliaran jam untuk menonton video.

Hampir setiap jenis bisnis dapat memanfaatkan platform ini, tak terkecuali bisnis online, bisnis offline, bahkan freelancer dan konsultan pun memanfaatkannya. Youtube dinilai sangat efektif dalam memasarkan produk, karena jangkauannya yang luas dan biaya yang dikeluarkan tidak banyak. Melalui video menarik yang kamu buat di Youtube, memungkinkan orang membeli produkmu. Menurut studi dari SmallBizTrends, 70% marketers mengatakan bahwa video memiliki peran penting ketika sesorang menentukan pilihan. Peluang bahwa banyak orang sibuk yang tidak memiliki waktu untuk membaca iklan, alternatif yang efektif adalah menontonnya melalui video marketing di Youtube.

Baca juga: Cara Dapatkan Uang Lewat YouTube

Nah, bagaimana cara mulai memanfaatkan Youtube untuk memasarkan produk? Ikuti langkah-langkah dibawah ini, ya...

1. Mencari Format 

Carilah format gaya yang cocok untuk video marketingmu. Ada beberapa format yang dapat kamu pakai, antara lain wawancara, tutorial, penjelasan, vlog, atau product review. Tinggal sesuaikan saja dengan konsep video yang kamu keinginan dan segmen pasar bisnismu.

2. Mulai Membuat Video

Membuat video marketing di Youtube tidak harus mahal, bahkan kamu bisa menggunakan handphonemu untuk merekam video. Beberapa hal yang harus dipastikan adalah pencahayaan, suara dan kestabilan pengambilan gambar. Jangan lupa edit sedikit dengan video editor agar videomu semakin cantik. Usahakan video berdurasi 3-4 menit. Terkadang semakin singkat video dan pesan yang disampaikan, semakin bagus pula. 

Ilustrasi (Shutterstock)

3. Kata Kunci

Pastikan kata kunci yang kamu pilih sesuai dengan isi videomu. Jangan cuma cari clickbait saja. Masukkan kata kunci dalam judul video, deskripsi dan tag agar memudahkan mesin penelusur mencari videomu. Jika kamu kebingungan kata kunci apa yang tepat, kamu bisa mencari referensi di Google's Keyword Tool atau melihat video kompetitormu.

Baca juga: Tips Membangun Iklan Bersama Kreator YouTube

4. Tambahkan CTA (Call to Action)
Inti dari video marketing di YouTube adalah menarik penonton untuk menjadi pelanggan. Dalam deskripsi video, sertakan juga tautan web, blog atau sosial media bisnismu. Dengan menambahkan CTA akan membuat audiensmu terlibat lebih cepat. YouTube memungkinkan untuk memasukkan CTA dengan menambahkan tombol yang dapat di klik, seperti tombol subscribeshare, dan like videomu. Terakhir, cobalah untuk meyertakan harapanmu pada penonton menjelang akhir video, seperti "Jangan lupa cek di sosial media kita dan beli produk kami" dan lain sebagainya.

5. Be Social

Selalu ingat bahwa YouTube juga jejaring sosial, berarti kamu harus aktif didalamnya. Ketika ada seseorang yang memberikan komentar, jangan lupa ucapkan terimakasih kepada mereka. Begitu juga ketika ada pertanyaan, jangan lupa dijawab. Jika memungkinkan, kamu juga bisa mengomentari video orang lain agar semakin luas sebaran videomu.

6. Mempromosikan Video

Jangan menunggu videomu untuk ditemukan. Sebarkan ke blog, web, Facebook, Linkedin, Twitter bahkan ke e-mail-e-mail. Hubungi orang-orang potensial untuk melihat videomu di Youtube.

Sekarang kamu sudah siap!

Start simple! Yap, sekarang kamu sudah siap menggunakan Youtube untuk memasarkan bisnismu. Eits.. jangan lupa untuk memperbanyak videomu, mengupload secara rutin agar subscribermu tidak pergi. Seiring berjalannya waktu, viewers mu akan meningkat dan YouTube akan menjadi tempat pengiklanan yang penting dalam bisnismu.

Baca juga: Subscriber YouTube Bisa Jadi Pelanggan Fanatik

  

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: The Balance SMB
TAGS
RECOMMENDATION

Tips Membangun Iklan Bersama Kreator YouTube

Era digital mengubah banyak hal dalam kehidupan kita, termasuk di dalamnya keberhasilan YouTube mengubah cara pandang masyarakat menikmati media hiburan

Senin, 14 Mei 2018 | 02:50 WIB
LATEST ARTICLE

Kenali 3 Jenis Investor untuk Bisnismu

Jika bisnismu makin berkembang, bisa jadi kamu butuh kucuran dana segar untuk membuatnya terus tumbuh. Yuk, kenalan dengan 3 jenis investor.

Minggu, 23 September 2018 | 16:35 WIB

Kata Siapa Wayang Ketinggalan Zaman?

Gerakan "Dalang Go Digital" diharapkan dapat tetap mendekatkan dunia pedalangan dan pewayangan kepada masyarakat.

Sabtu, 22 September 2018 | 09:10 WIB

Sst, Ini Lho, Rahasia Marketing Apple!

Marketing adalah kunci kesuksesan Apple hingga menjadi salah satu perusahaan teknologi komunikasi yang paling sukses saat ini. Lalu apa strategi yang digunakan? Simak artikel berikut ini.

Kamis, 20 September 2018 | 16:30 WIB

Keren, Ini Aplikasi Khusus Untuk Petani!

Penjualan hasil pertanian terkadang terkendala jarak dan waktu. Aplikasi khusus untuk petani ini diharapkan menjadi solusinya...

Rabu, 19 September 2018 | 16:30 WIB

Nih, 5 Tips Sukses Jualan Online

Jangan takut untuk menjadi tidak kreatif dan inovatif. Kamu juga bisa manfaatkan peluang tren bisnis online yang ada!

Rabu, 19 September 2018 | 08:30 WIB