LogoDIGINATION LOGO

Jurus Jitu Hadapi Mega Online Shopping 9.9

author Oleh Ana Fauziyah Rabu, 5 September 2018 | 16:30 WIB
Share
ilustrasi toko online (Shutterstock)
Share

Kuartal keempat selalu jadi musim tersibuk bagi e-commerce. Kenapa? Karena biasanya pada 4 bulan terakhir dalam setahun itu banyak yang mengadakan program belanja online dengan diskon dan promo besar-besaran. Seperti tahun-tahun sebelumnya, program belanja online biasanya diadakan pada tanggal 9 September (9.9), 11 November (11.11), dan 12 Desember (12.12).

Event yang paling dekat saat ini adalah tanggal 9 September 2018 nanti. Menyambut Mega Online Shopping Season 9.9 yang hanya tinggal beberapa hari lagi, E-commerce IQ, situs penyedia riset perdagangan online membagikan beberapa strategi bagi para pelaku e-commerce untuk memaksimalkan penjualan dan menggandakan laba. Menurut riset mereka, event mega online shopping di kuartal keempat menyumbang 40% dari total pendapatan dalam setahun.

Penasaran ingin tahu strategi mendongkrak laba di momen Mega Online Shopping 9.9? Coba terapkan hal-hal berikut ini, seperti dilansir dari E-commerce IQ, Senin (3/9).

Baca juga: 11.11 Global Shopping Festival, Alibaba Group Raih Rp 162,6 Triliun dalam 2 Jam

Diskon, Voucher dan Promo Khusus

Untuk memaksimalkan trafik pelanggan, situs e-commerce biasanya memberikan diskon besar-besaran di hari-H sehingga harga produk lebih miring dari hari biasa. Pelanggan selalu tertarik dengan diskon. Seberapapun diskonnya, pasti akan lebih dipilih daripada produk yang tidak memberikan diskon. Meskipun harga yang kamu berikan lebih rendah, namun jika kamu bisa memaksimalkan penjualan maka otomatis keuntungan akan menjadi berlipat.

Kamu juga bisa memberikan promo khusus di hari-H, misalnya khusus di momen Mega Online Shopping pembeli akan mendapatkan promo berupa cashback senilai sekian Rupiah. Voucher juga bisa berupa pemberian produk tertentu secara gratis, misalnya buy 1 get 1 free. Di momen ini, setiap penjual berlomba-lomba menawarkan diskon dan promo khusus, jadi pastikan kamu menyediakan promo yang menarik.

Stok Produk Lebih Banyak

Setelah menetapkan diskon, voucher dan promo, pastikan bahwa ada cukup stok produk untuk memenuhi permintaan yang diperkirakan akan membludak di hari-H.

Baca juga: Ketahui 6 Tips Ini Sebelum Jadi Seller di Marketplace

Manfaatkan Database Pelanggan

Untuk lebih memaksimalkan kampanye program belanja online, manfaatkan database pelanggan dengan mengirim e-mail atau SMS kepada mereka. Isi e-mail atau SMS berupa pemberitahun momen Mega Online Shopping berikut kode promo yang bisa digunakan pelanggan untuk berbelanja di hari-H.

Customer Service

Selain produk yang bagus dan berkualitas, tim customer service juga sangat penting bagi kesuksesan penjualan. Pastikan tim customer service terlatih dengan baik sehingga bisa memberikan rincian produk dengan baik kepada pelanggan. Jika pelanggan puas dengan pelayanan, mereka tidak akan pikir-pikir mengklik tombol beli.

Pengemasan

Pengemasan sangat penting bagi pelanggan. Banyak pembeli online merasa puas jika produk yang mereka terima dikemas dengan rapi dan aman. Pengemasan yang rapi biasanya juga mempengaruhi positif atau negatifnya review pelanggan. Untuk momen Mega Online Shopping, kamu bisa menggunakan kemasan yang tampil dengan desain khusus.

Pengiriman

Pelanggan menghargai paket yang akan dikirimkan secara cepat dan efisien. Karena itu usahakan untuk memperhatikan masalah teknis seperti mengatur gudang agar produk lebih mudah dicari dan lekas dikirim. Siapkan juga bahan kemasan yang cukup seperti kotak karton, bungkus gelembung, busa kemasan, dan lain-lain untuk memenuhi permintaan yang membludak. Tak lupa rekrut staf tambahan agar pengemasan dan pengiriman bisa dilakukan dengan cepat dan efisien.

Sudah siap, kan?

Baca juga: Gelar Global Shopping Festival, Alibaba Bawa Teknologi AR

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: eCommerceIQ
TAGS
RECOMMENDATION

Anggota APEC Sepakat Dorong UMKM di Negara Mereka Go Online

Negara-negara anggota Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) menyepakati bahwa perekonomian digital dan e-commerce membuka peluang bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk terhubung ke pasar regional dan global

Selasa, 19 September 2017 | 06:35 WIB

Agar Tak Tertinggal, UMKM Harus Online

Presiden Joko Widodo atau yang lebih akrab dikenal sebagai Jokowi menyampaikan beberapa pesan kepada para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) saat memberikan sambutan pada acara peluncuran penerapan PPh final 0,5 persen untuk UMKM di Jatim

Jumat, 22 Juni 2018 | 16:53 WIB
LATEST ARTICLE