LogoDIGINATION LOGO

Jurus Dapatkan 1000 Follower di Instagrammu

Oleh Ana Fauziyah Rabu, 29 Agustus 2018 | 08:30 WIB
Share
Ilustrasi online shop (Freepik)
Share

Instagram yang sedang hype saat ini, adalah layanan berbagi foto yang pertama kali dikembangkan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger tahun 2010. Karena sesuai dengn perkembangan jaman, media sosial ini dengan cepat mendapatkan popularitas. Dalam 2 bulan debutnya, 1.000.000 pengguna telah terdaftar. Dalam setahun, meningkat 10 kali lipatnya menjadi 10.000.000, dan pada September 2017 telah mencapai 800.000.000 pengguna. Sampai Oktober 2015, lebih dari 40 miliar foto telah diunggah ke platform ini.

Sekitar tahun 2012, Instagram mulai digunakan oleh para pelaku online shop untuk memajang dan menjual produk-produk mereka. Dengan mengandalkan kekuatan foto, media ini kini menjadi ladang rejeki bagi para online seller. Konsumen juga banyak yang menjadikan foto-foto didalamnya sebagai referensi sebelum memutuskan untuk membeli.

Di tengah rimba Instagram yang telah ramai dan padat tersebut, bagaimana caramu memancing pembeli melalui akun yang kamu punya? Sebagai seorang newbie di bisnis online melalui Instagram, kamu harus mendapatkan 1000 follower pertama dan itu menjadi kendala terbesarmu. Follower menjadi sangat penting karena mereka adalah calon pembeli produk atau jasamu.

Nah, bagaimana cara mendapatkan 1000 follower pertama? Dirangkum dari buku berjudul “Jago Jualan Instagram” yang ditulis oleh @TrikPhotoShopID dan @BisnisAnakMuda, berikut beberapa tips ampuh yang bisa kamu praktekkan...

Baca juga: Tinggalkan Facebook, Pengguna Remaja Pilih Instagram dan Snapchat

Ilustrasi online shop (Freepik)

Follow Minimal 3000 Orang

Pertama, kamu harus mem-follow minimal 3000 orang dan tunggu sampai orang yang kamu follow itu mem-follow back akun Instagrammu, lalu kemudian kamu unfollow lagi secara perlahan. Ada sebuah trik psikologis ketika seseorang di-follow maka secara tidak langsung dia punya kewajiban moral untul mem-follow back. Tapi berhati-hatilah untuk tidak terlalu semangat dalam follow mem-follow dalam sehari karena bisa di-banned secara permanen oleh pihak Instagram.

Instagram membolehkan akun yang baru berumur kurang dari tiga bulan untuk dapat mem-follow lebih banyak dibanding akun yang sudah lama dibuat. Usahakan untuk mem-follow 50 akun perharinya sehingga dalam seminggu kamu telah mem-follow sekitar 350 akun. Lakukan setiap hari secara konsisten sehingga dalam sebulan kamu akan mem-follow sekitar 1.400 akun. Lakukan hal yang sama di bulan berikutnya sehingga nantinya kamu mem-follow lebih dari 3.000 akun.

Upload Minimal 150 Foto

Postinglah minimal 150 foto produk dengan hashtag yang relevan dengan jualanmu. Kenapa harus sampai 150 buah foto? Tujuannya untuk menciptakan habit atau kebiasaan karena kamu akan butuh itu.

Dengan memposting minimal 150 foto, kamu menampilkan kesan window shopping dan trusted online shop. Konsumen pasti lebih menyukai melihat-lihat akun Instagram yang memajang banyak foto daripada yang hanya beberapa buah foto, kan?

Baca juga: Luncurkan Fitur Tambahan, Instagram Berikan Fleksibilitas Lebih Bagi Pengiklan

Ilustrasi online shop (Freepik)

Upload di Pagi, Siang, dan Malam

Kunci berjualan di Instagram adalah konsisten, sehingga secara tidak sadar kamu akan menciptakan kebiasaanmu sendiri. Cobalah untuk menyediakan sebanyak mungkin foto produkmu lalu upload secara berkala di pagi hari sekitar pukul 7-9, siang sekitar pukul 11-13 atau pada saat jam istirahat kerja, kemudian malam pada pukul 18-20.

Setelah ketiga tips tersebut kamu lakukan, perhatikan bagaimana hasil kerjamu. Dengan mem-posting banyak foto, mem-follow sebanyak mungkin akun dan rajin meng-upload, sebenarnya kamu telah menciptakan kebiasaanmu sendiri. Instagram merupakan tempat window shopping secara online, sehingga kamu harus membuat calon pembeli betah berlama-lama di tokomu dan mengeksplorasi foto-fotomu terus-menerus.

Jadi, kapan kamu mencobanya?

Baca juga:Beriklan di Instagram Stories? Manfaatkan Fitur Tambahan Ini

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Buku Jago Jualan Instagram, karya: @TrikPhotoShopID dan @Bis
TAGS
RECOMMENDATION

Ini Tips Bikin Video Instagram untuk Jualan

Dengan jumlah pengguna Instagram di Indonesia yang mencapai 22 juta, platform media sosial berbasis sharing foto tersebut menjadi salah satu sarana promosi produk yang ampuh menjangkau banyak konsumen

Jumat, 23 Februari 2018 | 08:27 WIB

Bidik Market Global Lewat Instagram

Sebelum menjadikan Instagram sebagai kendaraan untuk membawa produk lokalmu ke pasar global, apa sih yang perlu kamu ketahui

Selasa, 21 Agustus 2018 | 16:15 WIB
LATEST ARTICLE

3 Kebiasaan Boros Ini Harus Segera Kamu Tinggalkan!

Milenial terkenal sebagai generasi boros dan sering berutang. Kevin O'Leary, co founder Softkey Internasional sekaligus panelis reality show Shark Tank mengatakan ada 3 kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan. Apa saja, ya?

Rabu, 20 Februari 2019 | 08:15 WIB

Mencari Pekerjaan Sesuai Passion? Jangan!

Sering mendengar semboyan “Bekerjalah sesuai passion?" Katanya jika bekerja sesuai passion, maka sukses akan mudah terbentang. Ah, masa iya?

Senin, 18 Februari 2019 | 11:15 WIB

Dari Gates Sampai Zuckerberg, Siapa yang Paling Dermawan?

Mau tahu siapa saja sosok CEO yang paling dermawan di dunia? Siapa tahu kamu akan terinspirasi dan menyusul langkah mereka. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah daftar CEO perusahaan teknologi yang paling gila menyumbang.

Jumat, 15 Februari 2019 | 16:15 WIB

Sukses Cara Gila Ala Jeff Bezos!

Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari kisah hidup Jeff Bezos. Berikut adalah prinsip-prinsip bisnis alanya yang bisa kamu contoh.

Jumat, 15 Februari 2019 | 11:15 WIB