LogoDIGINATION LOGO

22 Ide Startup Ini Bakal Curi Perhatian Investor

Oleh Desy Yuliastuti Rabu, 15 Agustus 2018 | 03:32 WIB
Share
Ide startup bagaimana yang dicari investor? Jawaban atas pertanyaan ini masih jadi misteri, sebab bagi startup mencari investor sama seperti mencari pasangan hidup, harus punya kecocokan visi misi
Share

Ide startup bagaimana yang dicari investor? Jawaban atas pertanyaan ini masih jadi misteri, sebab bagi startup mencari investor sama seperti mencari pasangan hidup, harus punya kecocokan visi misi. Kabar baiknya, ada beberapa ide yang bisa membuat investor berebut menanamkan modalnya. Bocoran ini bisa kamu contek sebagai lompatan ide untuk berinovasi memenangkan persaingan. Ide startup apa sajakah itu?

# Energi Murah yang Bisa Meningkatkan Kualitas Hidup
Menciptakan energi yang murah dari sumber-sumber baru, seperti pemanfaatan pohon jarak (biofuel), panas bumi, hidrogen, dan sebagainya. Selain itu, bisa mencoba membuat energi pada baterai menjadi lebih tahan lama.

# Artificial Intelligence (AI)
AI atau kecerdasan tentu bisa meniru kreativitas manusia, keinginan, dan penalaran. AI secara langsung bisa membuat kehidupan bisa menjadi lebih praktis dan berguna. Mengeksplorasi teknologi ini membuat startup berpotensi dilirik banyak perusahaan untuk meningkatkan kualitas bisnis.

# Robot
Dimulai dari mobil yang bisa menyetir sendiri hingga ide membuat robot yang bisa mengeksplorasi ruang angkasa. Robot pun banyak dimanfaatkan bidang manufaktur dan militer, serta diadopsi untuk pengembangan software dan hardware untuk kebutuhan konsumen.

# Bioteknologi
Bioteknologi diklaim mampu membuat manusia awet muda, panjang umur, dan mempertajam daya ingat melalui pemrograman genetik. Kemampuan untuk menghadirkan solusi secara optimal tentu membuat startup akan dipandang revolusioner.

# Kesehatan
Startup yang membuat asuransi kesehatan lebih murah atau membuat sistem kesehatan preventif layak didanai. Startup di bidang kesehatan secara langsung hadir menjawab berbagai permasalahan kesehatan di Indonesia.

# Farmasi
Produksi obat yang lebih cepat dan lebih murah mampu membantu industri kesehatan. Inovasi lain yang menarik, yakni mengembangkan obat pintar yang meningkatkan kecerdasan manusia.

# Makanan dan Air
Startup yang menemukan sumber makanan baru atau mengoptimalkan yang ada saat ini, akan menyelamatkan jutaan nyawa dan mengatasi masalah ketersediaan pangan dan air di masa mendatang. Misalnya, merekayasa genetika tanaman untuk produksi masal dan menyuling air laut menjadi air tawar secara massal.

# Pendidikan
Menghubungkan siswa-siswa ke disiplin ilmu yang tepat dengan guru-guru yang tepat akan membuat dunia lebih pintar. Mengubah cara belajar mampu menciptakan ruang belajar yang lebih luas lagi secara online.

#Infrastruktur Internet
Serangan siber menjadi ancaman baik pemerintah maupun swasta. Produk yang mampu menjaga server tetap aman, meningkatkan keamanan, dan menyimpan data berharga dengan lebih baik semakin diperlukan di masa depan.

# Pemerintahan
Pemerintah adalah klien yang sangat potensial. Startup bisa membidik dengan menciptakan software pengganti layanan pemerintahan yang sudah usang atau membuat sistem baru untuk memecahkan masalah sosial di masyarakat.

# Virtual Reality dan Augmented Reality
Menciptakan VR dan AR yang mempu meniru dunia nyata memiliki potensi besar untuk mengubah masa depan bagi sejumlah bidang. Mulai dari kedokteran, bisnis, arsitektur, manufaktus, bahkan pariwisata mampu memperoleh manfaat dari teknologi ini.

# Keilmuan
Penelitian berskala besar, seperti menciptakan teknologi untuk penelitian material nanotech dan teknologi ruang angkasa hanya mampu dilakukan oleh universitas atau perusahaan besar. Mengapa tidak ada laboratorium penelitian independen? Mungkin, yang didanai orang banyak?

# Transportasi
Menciptakan teknologi transportasi ringan dan transportasi jarak pendek menggunakan energi yang bersih adalah kuncinya. Startup bisa menjadi bagian dalam pengembangan smart city berskala besar.

# Satu Juta Lapangan Pekerjaan
Target utamanya menciptakan satu juta lapangan pekerjaan yang tidak bisa digantikan oleh komputer atau mesin. Orang-orang yang perlu dididik dan dilatih bisa mengisi pekerjaan baru ini.

# Pemrograman
Menciptakan teknologi baru yang mampu menggantikan bahasa pemrograman lama. Dalam dunia pemrograman tak banyak yang berubah sehak 20 tahun lalu. Programmer masih dididik dengan cara yang sama dan bekerja dengan masalah teknis yang serupa. Alat dan pendidikan pemrograman baru dapat mengubah semua itu.
 
# Holywood 2.0
Menciptakan cara baru menemukan bakat dengan memilih langsung yang disukai. Sebuah startup bisa membantu fans memilih idola baru dari Youtube dan selebritas bisa berinteraksi langsung dengan mereka.
 
# Keragaman Penduduk
Menciptakan teknologi baru untuk mengetahui keadaan demografi yang mencakup umur, ras, dan budata, Teknologi tersebut nantinya bisa digunakan untuk menentukan wilayah pendidikan dan pekerjaan yang sesuai dengan wilayahnya.
 
# Layanan Negara Berkembang
Banyak layanan dan produk tidak tersedia di negara berkembang hanya karena logistik yang buruk, bukan karena kurangnya permintaan. Startup yang mengoptimalkan pengiriman internasional atau proses impor sangat diperlukan.
 
# Software Enterprise
Menciptakan teknologi yang membuat software mahal menjadi lebih terjangkau. Banyak perusahaan besar menggunakan software lama karena mahalnya harga software baru. Di sisi lain, software lama membuat operasional perusahaan tidak efisien.
 
# Layanan Keuangan
Sebuah startup bisa membantu menciptakan cara baru untuk menyimpan dan menginvestasikan uang secara efektif bagi individu. Di negara berkembang, startup mampu ikut serta dalam menciptakan inklusi keuangan.

# Telekomunikasi
Berkomunikasi bisa lebih cepat dan sederhana dengan penggunaan broadband yang lebih efektif. Selain Skype dan Whatsapp, belum ada terobosan teknologi baru dalam berkomunikasi jarak jauh.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Business Insider
TAGS
RECOMMENDATION

Berapa Usia Ideal Membangun Startup?

Mulai umur berapa Anda mulai mendirikan startup? Menurutmu, apakah umur tersebut cukup ideal untuk memulai bisnis yang kadang cukup menakutkan? Pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas bukanlah pertanyaan yang wajib untuk dijawab saat Anda sedang atau

Selasa, 17 April 2018 | 15:39 WIB

Formula Sederhana Membangun Ide

Mengimplementasikan ide ke dalam produk nyata bukan perkara mudah bagi sebagian orang, tapi berbeda bagi Vice President of Product Google Anil Sabharwal

Kamis, 17 Mei 2018 | 10:04 WIB

5 Pertanyaan Untuk Memastikan Ide Bisnis

Ada banyak orang yang muncul membawa sebuah ide bisnis baru, namun tidak mampu membedakan mana ide yang bagus dan mana yang tidak terlalu bagus

Selasa, 12 Juni 2018 | 23:25 WIB
LATEST ARTICLE

Masih Berharap Uang Tunai Dalam Dompet Konsumen?

Semakin praktis dan populernya layanan dompet digital sedikit-banyak akan mendorong konsumen untuk ganti dompet. Masih berharap ada uang tunai dalam dompet konsumen?

Jumat, 5 April 2019 | 10:47 WIB

Belum Dapat Investor? Coba Crowdfunding Aja!

Sulit cari modal? Coba gunakan crowdfunding. Dengan langkah-langkah ini kamu bisa cepat mendapatkan pendanaan tanpa harus menunggu angel investor datang

Kamis, 28 Maret 2019 | 12:00 WIB

Serba-serbi Pendanaan Startup!

Mencari tahu pilihan pendanaan apa yang paling masuk akal bagi setiap orang terlihat cukup rumit karena kebutuhan setiap startup berbeda.

Jumat, 22 Maret 2019 | 08:05 WIB

Sedang Mencari Funding? Hindari 3 Kesalahan Ini

Memiliki ide brilian, langkah selanjutnya adalah mencari pendanaan. Sebelum bertemu investor, pelajari tiga kesalahan umum ini. Jangan sampai kamu melakukannya

Kamis, 21 Maret 2019 | 09:10 WIB

AI untuk UMKM. Mmm, Seperti Apa, ya?

Dari 60 juta UMKM Indonesia hanya 5 % yang sudah memanfaatkan internet. Untuk mendorong pertumbuhan ini Halosis hadir untuk memajukan UMKM dengan teknologi Artificial Intelligence.

Kamis, 14 Maret 2019 | 09:30 WIB