LogoDIGINATION LOGO

9 Cara Jadi Jagoan di Pasar Lokal

author Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Minggu, 12 Agustus 2018 | 06:51 WIB
Share
Kamu sedang berpikir untuk ekspansi ke mancanegara? Padahal, produk kamu belum jadi jagoan di negeri sendiri? Yuk, coba local marketing dulu
Share

Kamu sedang berpikir untuk ekspansi ke mancanegara? Padahal, produk kamu belum jadi jagoan di negeri sendiri? Yuk, coba local marketing dulu.

Penargetan pelanggan potensial di wilayah atau kota sendiri, baik melalui teknik digital atau offline, adalah inti dari local marketing. Local marketing dapat membantu pemasaran efektif pada area tertentu, menarik pembeli jadi pelanggan. Kegiatan ini turut membangun kredibilitas merek, mengembangkan reputasi positif dan menumbuhkan loyalitas pelanggan.

Baca Juga : Hadapi Produk Global, Pemerintah Daerah Punya Peran Penting

Jika sudah siap untuk memulai local marketing, cobalah beberapa ide ini:

1. Fokus pada SEO lokal

Taktik pertama adalah membuat kata kunci khusus untuk bisnis lokalmu dan menyebarluaskannya melalui web atau sosial media. Misalnya, bisnis cuci sepatu di area BSD, Tangerang Selatan. Buatlah konten di blog dan web dengan kata kunci: "cuci sepatu bsd" atau "cuci sepatu serpong". Hal ini dapat menarik pelanggan potensial yang tinggal di daerah itu yang mencari sedang mencari jasa cuci sepatu.

 

2. Gunakan Penargetan Lokasi dengan AdWords dan Facebook

Setelah mengembangkan konten dengan kata kunci khusus, kamu bisa menarik lebih banyak perhatian lagi melalui penargetan lokasi dengan AdWords dan Facebook. Kamu dapat menampilkan iklan hanya di lokasi yang dipilih dan membantu memfokuskan investasi pemasaran pada area lokal yang potensial.

 

3. Membuat Landing Page pada setiap area geografis

Kamu bisa menambahkan lebih dari satu atau bahkan 5-6 kata kunci dalam pemasaran produk lokal dengan kata kunci yang berbeda-beda di setiap lokasi tentunya. Apakah efektif? Untuk mengukurnya gunakan landing page dengan konten dan kata kunci khusus untuk setiap lokasi. Kamu dapat menggunakan setiap page sebagai tautan tujuan untuk iklan dan promosi produk.

 

4. Coba SMS marketing

Pernahkah dapat pesan singkat yang menawarkan produk toko tertentu pas kamu berada dekat toko itu? Yap! Itu termasuk SMS marketing. Cara ini sangat cocok untuk pelaku bisnis yang menawarkan layanan fisik atau layanan konsultasi yang ingin menjangkau calon pelanggannya secara real-time di lokasi tersebut.

 

5. Menjadi sponsor acara lokal

Hal ini tentunya bergantung di mana lokasi bisnismu, apakah sering diadakan acara lokal tahunan atau tidak. Biasanya penyelenggara akan mencari rekan bisnis untuk mendukung acaranya, nah kamu bisa ikut berpartisipasi di dalamnya. Nanti website atau akun media sosial bisnismu dapat disebutkan di sela-sela acara, ini hal yang bagus untuk kamu memperkenalkan produk di hadapan pelanggan lokal.

 

6. Bekerjasama dengan bisnis tetangga

Jika mensponsori suatu acara tidak memungkinkan, kamu dapat memilih opsi ini yaitu melakukan promosi silang dengan bisnis tetangga. Sesederhana memberikan kupon, menempelkan selebaran di konter masing-masing. Atau dengan membuat transaksi co-branded yaitu memberikan hadiah bagi pelanggan yang membeli dua produk sekaligus, punyamu dan punya tetangga. Ada banyak cara, coba sekreatif mungkin dalam melakukan promosi silang ini.

 

7. Berdayakan Karyawan Jadi Pemasar

Karyawan dapat jadi salah satu media pemasaran juga lho! Karyawan adalah orang-orang yang selalu berinteraksi dengan pelangganmu, bekali dengan pegetahuan tentang bisnis, produk dan misi bisnis, maka faalaa! Karyawanmu bisa menjadi pemasar terbaik.

 

8. Bergabunglah dalam Komunitas Bisnis Lokal

Jaringan ini dapat menjadi alat pemasaran yang sempurna untuk bisnis lokal. Karena jaringan bisnis lokal bergantung pada pemasaran mulut ke mulut dan ulasan pelanggan. Manfaatkan platform-platform yang memberikan layanan ulasan, agar produk kamu dikenal dengan baik di daerahmu. Jika belum ada jaringan bisnis lokal? Jangan takut membuatnya sendiri!

 

9. Sebarkan ke Berita TV Lokal atau Media Lainnya

Media lokal selalu mencari berita yang menarik dan relevan bagi pembaca dan pemirsanya. Jika ada rencana acara seperti peluncuran produk baru atau lainnya, kamu bisa memanfaatkan media lokal untuk meliput bisnismu.

Bagaimana sudah siap untuk menguasai pasar lokal?

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: The Balance SMB
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB