LogoDIGINATION LOGO

Online dan Offline Sama Pentingnya?

author Oleh Sukindar Kamis, 19 Juli 2018 | 02:55 WIB
Share
Berbelanja secara online memang tidak bisa menggantikan pengalaman berbelanja secara offline
Share

Berbelanja secara online memang tidak bisa menggantikan pengalaman berbelanja secara offline. Hal ini pun berlaku juga sebaliknya.

Kedua cara berbelanja ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, yang bisa dipilih sesuai dengan selera tiap-tiap orang.

Yang suka berbelanja online karena lebih mudah untuk memilih item dan mengecek stok, jangan dipaksa untuk menggunakan cara offline.

Sebaliknya, yang suka dengan kemudahan mengecek kualitas barang dan kemudahan mencoba barang di cara offline, jangan disuruh menggunakan metode online.

Atau kalau memungkinkan, kamu yang ingin mengambil peluang dari ke dua pasar dapat menggabungkan kedua pengalaman berbelanja tersebut menjadi satu untuk memperoleh keunggulan dari kedua cara tersebut.

Kamu bisa berkaca dengan Amazon atau Alibaba untuk urusan ini. Tetapi jika kamu mencari referensi dalam negeri, kamu bisa merujuk pada Plaza Indonesia yang beberapa waktu lalu merilis Plaza Indonesia E-Shop.

Baca Juga:
AI Bisa Bawa Pengalaman Online Ke Toko Fisik?

Ada apa dengan Plaza Indonesia E-Shop? Plaza Indonesia E-Shop diklaim memiliki keunikan tersendiri dibandingkan platform e-commerce pada umumnya, di mana pelanggan dapat merasakan kenyamanan berbelanja gabungan online dan offline.

General Manager Marketing PT Plaza Indonesia Realty Tbk Zamri Mamat menyatakan, “Kami melihat bagaimanapun keasyikan berbelanja di mal masih tidak bisa tergantikan dengan berbelanja secara online, dari situ kami menggabungkan kedua shopping experience tersebut kedalam satu platform yaitu Plaza Indonesia E-Shop.”

Melalui Plaza Indonesia E-Shop, pelanggan yang sudah terdaftar dapat memilih dan memesan produk-produk di Plaza Indonesia melalui eshop.plazaindonesia.com, kemudian pelanggan dapat datang langsung ke toko offline setelahnya, untuk mengecek barang, mencobanya, sekaligus membayarnya.

Dan tentu saja, untuk melakukan hal yang serupa, kamu butuh platform web-based yang bisa diakses lewat desktop maupun mobile.

Kamu juga perlu melakukan sinkronisasi sistem antar toko, sekaligus sinkronisasi antara offline ke online, agar tidak mengecewakan pelanggan, terutama terkait dengan ketersediaan stok barang.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB