LogoDIGINATION LOGO

NJOP Naik, Bisnis Properti Terpengaruh?

author Oleh Sukindar Selasa, 17 Juli 2018 | 16:32 WIB
Share
Akankah bisnis properti terpengaruh dengan adanya kenaikan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) untuk wilayah DKI Jakarta? Sebagian besar pasti menjawab “iya”
Share

Akankah bisnis properti terpengaruh dengan adanya kenaikan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) untuk wilayah DKI Jakarta? Sebagian besar pasti menjawab “iya”.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengumumkan kenaikan NJOP hingga sebesar 9,54%. Jika ditelaah, kenaikan ini akan berimbas pada kenaikan nilai Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) secara langsung.

Secara tidak langsungnya, kenaikan tersebut juga diduga akan menyebabkan kenaikan harga-harga properti, terkhusus di wilayah Jakarta.

Berdasarkan data Rumah.com Property Indeks, harga properti masih cenderung stabil hingga kuartal II tahun 2018 (Q2 2018) ini, dengan peningkatan berkisar 2,24% secara kuartalan (q-o-q).

Sedangkan jika dilihat secara tahunan, Rumah.com Property Indeks juga mencatat bahwa kenaikan harga properti di Jakarta mencapai 6,22% pada Q2 2018 ini.

Country Manager Rumah.com, Marine Novita menyebutkan, “Sebagai pusat bisnis nasional, Jakarta, tentu saja, merupakan kawasan dengan tren harga properti yang terus meningkat, meski saat ini cenderung tipis.”

Baca Juga:
Hunian Masih Jadi Bisnis Menjanjikan

Menurutnya, peningkatan NJOP dikhawatirkan dapat menurunkan minat masyarakat terhadap properti, terkhusus untuk properti berjenis hunian.

Kekhawatiran ini diperkuat oleh data hasil survei Property Affordability Sentiment Index Semester II 2018 yang dilakukan Rumah.com, yang menyebutkan bahwa 51% responden percaya kenaikan NJOP ini akan berpengaruh terhadap harga properti di DKI Jakarta.

Direktur PT. Bakrie Pangripta Loka Andre R. Makalam menegaskan, "Kenaikan akan tergantung dari zona properti. Di Sentra Timur, kenaikan untuk unit baru yang akan diluncurkan akan berada pada kisaran 5%. Yang akan merasakan dampak paling besar adalah Jakarta Selatan, terutama untuk properti kelas atas."

Namun, Andre optimistis minat properti untuk kelas menengah dan menegah ke bawah tidak akan terpengaruh oleh kebijakan ini.

"Sesuai kenaikannya, minat konsumen terhadap properti di zona dengan harga yang masih terjangkau mungkin masih tetap tinggi,” jelas Andre.

Sementara itu, Novita memperkirakan pencari properti akan bergeser ke arah Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) karena hal ini, didukung juga dengan adanya pembangunan infrastruktur penghubung yang masif saat ini.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB