LogoDIGINATION LOGO

Jelang Tahun Ajaran Baru, Transaksi di Tokopedia Melonjak

author Oleh Desy Yuliastuti Senin, 16 Juli 2018 | 12:49 WIB
Share
Memasuki tahun ajaran baru, penjualan perlengkapan sekolah di Tokopedia meningkat tajam
Share

Memasuki tahun ajaran baru, penjualan perlengkapan sekolah di Tokopedia meningkat tajam. Berdasarkan data Tokopedia, tempat pensil, buku tulis, dan pulpen menjadi tiga kata kunci yang paling dicari.

Garri Juanda, Associate Vice President Tokopedia – Seller Experience menjelaskan, peningkatan penjualan perlengkapan sekolah ini merefleksikan semakin tingginya animo masyarakat Indonesia terhadap belanja online.

“Untuk itu, momentum seperti tahun ajaran baru ini menjadi peluang besar yang harus dimanfaatkan secara maksimal oleh para penjual,” jelas Garri.

Garri juga bilang, selain tiga produk tersebut, penjualan perlengkapan sekolah di Tokopedia yang mengalami peningkatan antara lain penjualan tas anak sekolah meningkat lebih dari 17 kali lipat, penjualan botol minum meningkat lebih dari 11 kali lipat.

Selain itu, data Tokopedia mencatat penjualan buku tulis meningkat hampir 8 kali lipat, penjualan pensil/kotak pensil meningkat lebih dari 7 kali lipat, penjualan pulpen meningkat hampir 7 kali lipat.

Baca juga: Ekonomi Digital Diprediksi Mengubah Sistem Pendidikan

Untuk memaksimalkan memaksimalkan peluang bagi para penjual keperluan sekolah dan kemudahan bagi para pengguna yang membutuhkan, Tokopedia menghadirkan laman khusus berupa hot list dengan memasukkan beberapa barang terkait perlengkapan sekolah seperti tas sekolah, sepatu dan tempat pensil.

Salah satu penjual perlengkapan sekolah di Tokopedia Vonny Sataputeri mengaku omzet menjelang tahun ajaran baru meningkat signifikan. “Juli ini naik mencapai 60-70 juta per bulan,” terangnya.

Pihaknya juga sejak jauh hari sudah menyiapkan persediaan barang guna menghadapi permintaan yang bisa melonjak hingga 100% jelang tahun ajaran baru.

“Stok diperbanyak untuk perlengkapan sekolah dan produk pendampingnya, misal tas sekolah dengan bag tag-nya karena semakin lengkap semakin nyaman untuk pembeli berbelanja di toko kita, ya jadi one-stop solution, nggak perlu susah-susah lagi nyari,” jelas Vonny.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE