LogoDIGINATION LOGO

Keterbatasan Bukan Penghalang Berwirausaha

author Oleh Sukindar Kamis, 5 Juli 2018 | 03:54 WIB
Share
Kapabilitas atau kemampuan membangun sebuah usaha bisa dimiliki oleh siapa saja, tak terkecuali mereka yang memiliki keterbatasan sekalipun
Share

Kapabilitas atau kemampuan membangun sebuah usaha bisa dimiliki oleh siapa saja, tak terkecuali mereka yang memiliki keterbatasan sekalipun.

Namun seperti kebanyakan orang, untuk melakukannya kadang kala membutuhkan pendampingan sekaligus juga pelatihan.

Melihat hal ini, Maybank Indonesia bersama Maybank Foundation menjalin kerja sama dengan People Systems Consultancy, untuk melanjutkan pelaksanaan program Reach Independence & Sustainability Entrepreneurship (RISE) ke kota Bandung pada tanggal 2 hingga 4 Juli 2018 kemarin.

Program RISE merupakan sebuah program yang memiliki tujuan untuk membangun dan meningkatkan kapabilitas usaha mikro-UKM penyandang disabilitas sehingga dapat memberikan dampak positif bagi komunitas di sekitarnya.

Dalam program ini, para peserta akan dilatih selama tiga hari, kemudian akan mendapatkan pendampingan selama 3 hingga 6 bulan.

Selama pelatihan, para peserta akan dibekali dengan pengetahuan pengelolaan keuangan, strategi pemasaran dan perubahan pola pikir (mindset) untuk menjalankan usaha.

Baca Juga:
Hapus Dominasi Produk Impor, Target e-Smart IKM Meningkat

Sedangkan selama pendampingan, para peserta akan didampingi mentor secara personal untuk meningkatkan pendapatan dan kapasitas usaha, yang pada akhirnya bertujuan meningkatkan taraf hidupnya.

Pada pelatihan RISE yang diselenggarakan di Bandung, terdapat 45 penyandang disabilitas, yang memiliki beragam lini usaha, mulai dari penjahit, penjual makanan, jasa reparasi elektronik, pembuat kue dan kue kering, hingga pembuat kaki prostetik.

Angka tersebut diharapkan mampu memenuhi target 2.200 penyandang disabilitas hingga tahun 2019, yang juga dilaksanakan pada 12 kota lain, termasuk Jakarta, Yogyakarta, Bali, Banten, Bogor, Bekasi, Malang, Medan, Makassar dan Depok.

Berdasarkan data yang disampaikan Maybank Indonesia, hingga saat ini, implementasi program ini mampu mengangkat kapabilitas usaha 40% penyandang disabilitas terbaik hingga mencapai angka 269,1%.

Kepala CSR & Maybank Foundation Juvensius Judy Ramdojo menyatakan, “Kami berharap program ini dapat membangun dan meningkatkan kapabilitas usaha mikro-UKM sehingga dapat memberikan dampak positif bagi komunitas di sekitarnya.”

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB