LogoDIGINATION LOGO

Peluang Startup Kuliner Dilirik Investor Terbuka Lebar

Oleh Desy Yuliastuti Sabtu, 30 Juni 2018 | 13:00 WIB
Share
Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali menggelar Demoday Food Startup Indonesia (FSI) pada akhir Juli mendatang di Hotel Ciputra Surabaya
Share

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali menggelar Demoday Food Startup Indonesia (FSI) pada akhir Juli mendatang di Hotel Ciputra Surabaya.

FSI adalah platform yang dibentuk Bekraf untuk menghubungkan pengusaha rintisan (startup) kuliner Indonesia dengan sumber permodalan sekaligus membantu startup tergabung pada ekosistem kuliner.

Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo menuturkan, tujuan Bekraf ialah untuk meningkatkan akses permodalan sekaligus kapasitas startup kuliner Indonesia pada Demoday FSI 2018.

“Bekraf bertujuan meningkatkan akses permodalan sekaligus kapasitas startup kuliner Indonesia pada demoday FSI 2018 ini. Bekraf menghadirkan mentor untuk memberikan saran pitchdeck yang menarik minat investor sekaligus anjuran peningkatan kualitas produk kuliner. Investor yang tertarik mendanai sub sektor kuliner juga diundang pada demoday FSI ini,” ujarnya melalui keterangan resmi, Sabtu (30/6/2018).

-

Tahun ini, tercatat 337 startup kuliner dari 113 kota di Indonesia mendaftar demoday melalui platform www.foodstartupindonesia.com. Kurator menilai beberapa poin utama pada pitchdeck, presentasi pendaftar, antara lain startup kuliner terpilih membutuhkan investasi, mempunyai produk yang sudah terjual, dan mempunyai rekam jejak yang baik.

Bekraf memilih 95 startup kuliner dari 337 pendaftar untuk mengikuti rangkaian acara demoday. Mereka berkesempatan meningkatkan network, mendapatkan mentoring dari ahli kuliner dan pendukung ekosistem kuliner Indonesia, serta menarik minat investor melalui pitching.

95 startup kuliner terpilih mengenalkan produknya kepada investor, mentor, sekaligus khalayak ramai pada Kreatifood Expo pada 2729 Juli di Ciputra World Surabaya. Tahap mentoring dilakukan pada 30 Juli1 Agustus  di Hotel Ciputra Surabaya.

Baca juga: A to Z Seputar Ekonomi Kreatif di Indonesia

Selanjutnya, akan dipilih 30 startup untuk pitching di hadapan investor pada 1 Agustus. Tiga startup kuliner terbaik akan mendapatkan fasilitas lebih lanjut dari Bekraf, antara lain keutamaan mendapatkan Bantuan Insentif Pemerintah serta pendukungan pameran di dalam dan luar negeri.

Para startup kuliner yang tergabung pada FSI 2018 ini diharapkan mampu menggunakan peluang demoday untuk meningkatkan network dan kualitas produk mereka sekaligus mendapatkan investor.

Kilas Balik FSI 2016 dan 2017

Bekraf melaksanakan Demoday Food Startup Indonesia pertama kalinya pada November 2016 di Yogyakarta. Terpilih 10 finalis terbaik dari 50 pengusaha rintisan (startup) yang mengikuti demoday pertama tersebut.

Tahun 2017, Bekraf menggelar demoday di dua kota, yaitu Denpasar dan Bandung. Final demoday 2017 dilaksanakan pada September 2017 di Yogyakarta. Bekraf menerima 2005 pendaftar, 440 pitchdecks, 150 startup kuliner terpilih, 29 finalis, dan tiga besar FSI 2017, yaitu Matchamu, Ladang Lima, dan Chillibags.

Baca juga: Bekraf Jelaskan Program untuk Food Startup

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Mencari Pekerjaan Sesuai Passion? Jangan!

Sering mendengar semboyan “Bekerjalah sesuai passion?" Katanya jika bekerja sesuai passion, maka sukses akan mudah terbentang. Ah, masa iya?

Senin, 18 Februari 2019 | 11:15 WIB

Dari Gates Sampai Zuckerberg, Siapa yang Paling Dermawan?

Mau tahu siapa saja sosok CEO yang paling dermawan di dunia? Siapa tahu kamu akan terinspirasi dan menyusul langkah mereka. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah daftar CEO perusahaan teknologi yang paling gila menyumbang.

Jumat, 15 Februari 2019 | 16:15 WIB

Sukses Cara Gila Ala Jeff Bezos!

Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari kisah hidup Jeff Bezos. Berikut adalah prinsip-prinsip bisnis alanya yang bisa kamu contoh.

Jumat, 15 Februari 2019 | 11:15 WIB

Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Melamar Kerja!

Bukan hanya posisi, perusahaan yang dilamar pun harus dilihat terlebih dahulu. Kira-kira apa saja hal yang harus dipertimbangkan untuk memilih perusahaan yang cocok untukmu? Simak artikel berikut!

Kamis, 14 Februari 2019 | 16:15 WIB

Purl: Sindir Budaya Kantor!

Baru-baru ini Pixar kembali menelurkan film terbarunya ,Purl. Purl memiliki pesan moral tersembunyi yang menyindir budaya kantor.

Selasa, 12 Februari 2019 | 08:15 WIB