LogoDIGINATION LOGO

Agar Tak Tertinggal, UMKM Harus Online

author Oleh Sukindar Jumat, 22 Juni 2018 | 16:53 WIB
Share
Presiden Joko Widodo atau yang lebih akrab dikenal sebagai Jokowi menyampaikan beberapa pesan kepada para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) saat memberikan sambutan pada acara peluncuran penerapan PPh final 0,5 persen untuk UMKM di Jatim Expo pada hari Jumat (22/06)
Share

Presiden Joko Widodo atau yang lebih akrab dikenal sebagai Jokowi menyampaikan beberapa pesan kepada para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) saat memberikan sambutan pada acara peluncuran penerapan PPh final 0,5 persen untuk UMKM di Jatim Expo pada hari Jumat (22/06).

Presiden Jokowi mengingatkan kepada para pelaku UMKM, agar turut mengikuti perubahan global sehingga tidak tertinggal di era revolusi industri 4.0.

"Saya titip  pesan UMKM menyesuaikan, jangan ketergantungan dengan penjualan langsung. Sekarang jualan online, gunakan Facebook, Instagram, video di Youtube karena memang dunia sudah berubah.  Jangan hanya menunggu di toko kita,  orang lain sudah jualan di internet," kata Presiden.

Saat ini, kegiatan jual beli secara online juga telah didukung dengan sistem pembayaran yang cukup memadai, tidak lagi bergantung pada cash atau kartu kredit.

Berkaitan dengan hal tersebut, Presiden Jokowi mengingatkan bahwa pembayaran kini bisa dilakukan di mana-mana dengan hanya berbekal perangkat seluler.

Baca Juga:
10 Jurus Sambut Industri 4.0

“Negara lain sudah melakukannya, kita juga di beberapa kota juga mulai melakukan itu,” ungkap Presiden Jokowi.

Selain meminta pelaku UMKM melakukan perubahan ke promosi berbentuk online, Presiden juga mengingatkan untuk membenahi kemasan ke bentuk yang lebih baik, terutama untuk produk-produk yang berkualitas.

Presiden Jokowi juga menyarankan agar pelaku UMKM memberikan nama produk dengan baik, sehingga produknya tersebut dapat dengan mudah dikenal oleh masyarakat dan menarik untuk dibeli.

Menurut Beliau, sebuah usaha harus memahami, mengantisipasi, dan mengikuti perubahan cara berbisnis, karena jika tidak maka sebuah usaha dapat tertinggal.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Kominfo
TAGS
LATEST ARTICLE