LogoDIGINATION LOGO

Alibaba Mulai Jejalkan Teknologi AI pada Mobil

author Oleh Desy Yuliastuti Senin, 11 Juni 2018 | 00:50 WIB
Share
Raksasa e-commerce asal Cina, Alibaba mengumumkan bahwa perusahaan otomotif global Daimler, Audi, dan Volvo akan menjadi merek mobil pertama yang mengadopsi teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) besutan Al Labs, yaitu Tmall Genie
Share

Raksasa e-commerce asal Cina, Alibaba mengumumkan bahwa perusahaan otomotif global Daimler, Audi, dan Volvo akan menjadi merek mobil pertama yang mengadopsi teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) besutan Al Labs, yaitu Tmall Genie.

Melalui teknologi, Tmall Genie akan membantu pengemudi untuk memeriksa kondisi bahan bakar, jarak tempuh, daya aki, hingga status mesin hanya dengan kontrol suara.

Selain kemampuan diagnostik tersebut, Tmall Genie mampu mengendalikan jendela di pintu, AC, navigasi, dan pengaturan lainnya. Tak hanya itu, teknologi voice print juga akan dibenamkan untuk mengidentifikasi suara pemilik kendaraan sebelum menjalankan perintah suara.

Kepala Al Labs Alibaba, Chen Lijuan mengatakan kolaborasi ini diharapkan menciptakan pengalaman mobilitas yang lebih cerdas dan personal bagi setiap konsumen. Selain itu, dapat meningkatkan perjalanan pengguna dengan menjelajahi lebih banyak layanan yang didukung oleh AI.

Tmall Genie diluncurkan tahun lalu bersamaan dengan smart speaker Tmall Genie C1. Teknologi ini menjadi debut Al Lab Alibaba setelah merogoh kocek 15 miliar dolar AS untuk investasi di bidang AI, pembelajaran mesin, quantum computing, dan teknologi baru lainnya.

Ke depannya, Alibaba berencana menambahkan layanan speech interaction dan Natural Language Processing (NLP) dengan integrasi langsung ke fitur AliGenie, salah satu platform AI yang membantu Tmall Genie.

Nantinya, pengguna dapat mengontrol kendaraan atau sistem Tmall Genie yang ada di rumah mereka dan sebaliknya.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: TechCrunch
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB