LogoDIGINATION LOGO

6 Cara Terbaik Microsoft Tangkal Ancaman Siber

author Oleh Sukindar Jumat, 25 Mei 2018 | 06:09 WIB
Share
Risiko keamanan siber sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan ekonomi di era industri 4
Share

Risiko keamanan siber sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan ekonomi di era industri 4.0. Bahkan, studi Microsoft baru-baru ini menunjukkan potensi kerugiannya dapat mencapai USD 34,2 miliar di Indonesia.

Hal ini tentunya perlu diantisipasi oleh banyak perusahaan terutama dalam rangka melakukan transformasi digital. Perusahaan yang akan melakukan transformasi digital harus mulai mempersiapkan pertahanannya terhadap ancaman keamanan siber.

Melalui studi Frost & Sullivan, Microsoft menunjuk enam cara terbaik yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam bertahan dari serangan siber dan infeksi malware.

Memposisikan Keamanan Siber Sebagai Sebuah Penggerak Transformasi Digital

Di era digital ini, praktik keamanan siber merupakan sebuah kebutuhan dalam rangka melindungi data-data perusahaan, sehingga perusahaan dapat berjalan dengan aman.

Tidak terhubungnya praktik keamanan siber dengan upaya transormasi digital akan membuat perjalanan bisnis perusahaan tidak berjalan lancar.

Di sisi lain, transformasi digital juga sangat membantu perkembangan keamanan siber. Transformasi digital bisa mengubah metode praktik keamanan siber ke yang lebih baru dalam menghadapi tantangan yang ada.

Terus Berinvestasi Dalam Memperkuat Dasar-dasar Keamanan Anda

Microsoft juga menunjukkan bahwa 90% serangan siber bisa dicegah dengan memperkuat dasar-dasar keamanan perusahaan.

Termasuk diantaranya dapat dilakukan dengan menggunakan kata sandi yang kuat, menggunakan otentikasi multi faktor, serta memperbarui dan memelihara perlindungan sistem.

Hal ini tentunya tidak terbatas pada peralatan keamanan yang digunakan, tapi juga pelatihan dan kebijakan untuk mendukung dasar keamanan yang lebih kuat.

Memilih Platform Awan Yang Konsisten Dan Aman

Tidak bisa dipungkiri, serangan siber biasanya melibatkan pembobolan data. Salah satu solusinya dapat dilakukan dengan menyimpan data pada sistem komputasi awan yang konsisten dan lingkungan on-premise.

Baca Juga:
AI Solusi Ancaman Siber

Selain solusi cloud yang cepat, integrasi keamanannya ke dalam ekosistem keamanan perusahaan harus diperhatikan saat memilih layanan yang akan digunakan.

Memaksimalkan Keterampilan Dan Peralatan Dengan Memanfaatkan Peralatan Terintegrasi Terbaik

Meskipun dilengkapi dengan perlengkapan terbaik, kemanan tidak akan sempurna tanpa didukung sumber daya manusianya.

Oleh karenya, ada baiknya mengurangi jumlah peralatan yang digunakan, dengan milih perlengkapan terbaik, agar tim keamanan dapat fokus mengasah kemampuannya.

Penilaian, Pemeriksaan Dan Kepatuhan Berkala

Perusahaan harus melakukan pemeriksaan dan penilaian secara teratur, guna menguji kemungkinan terjadinya celah sekaligus berupaya menutup celah tersebut.

Kepatuhan seperti ini juga perlu dilakukan tidak hanya terhadap regulasi industri yang berlaku, tetapi juga terhadap perkembangan praktik keamanan.

Memaksimalkan Penggunaan AI Dan Otomasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Dan Kapasitas

Kecederdasan buatan (AI) dapat menjadi solusi untuk melakukan otomasi, meningkatkan kapasitas dan kapabilitas keamanan, terutama bagi perusahaan yang memiliki kapabilitas keamanan yang kurang.

Tidak hanya mampu mempreddiksi, kemampuan kecerdasan buatan dapat dimanfaatkan untuk memunculkan rekomendasi tindakan berdasarkan data yang ada.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE