LogoDIGINATION LOGO

4 Ciri Orang yang Tepat Untuk Tim Bisnis

author Oleh Sukindar Rabu, 23 Mei 2018 | 08:05 WIB
Share
Membangun sebuah usaha bukan hal yang mudah dan sangat berisiko
Share

Membangun sebuah usaha bukan hal yang mudah dan sangat berisiko. Bahkan, tidak jarang beberapa diantaranya pada akhirnya pun harus menerima kegagalan.

Lalu apa penyebab kegagalan tersebut kira-kira? Jika Anda berpikir hal tersebut kebanyakan disebabkan karena layanan dan produknya, coba pikir kembali.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kegagalan tersebut, tapi kebanyakan di antaranya bukan disebabkan karena produk atau layanan yang buruk dan juga pasar yang belum siap menerima.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Thomas C. Corley, kebanyakan pelaku usaha gagal karena disebabkan oleh kesalahan memilih anggota tim.

Menurut Corley, ketika bisnis memiliki satu anggota tim yang tidak tepat maka kegagalan akan menjadi sebuah risiko yang sangat nyata.

Oleh karenanya, pelaku usaha harus membangun tim dari individu yang tepat, yang memiliki sifat maupun ketrampilan yang dapat menghantarkan usaha menuju kesuksesan.

Corley menyebutkan dalam buku “Change Your Habits Change Your Life” karangannya, terdapat empat ciri teratas yang harus dimiliki oleh individu untuk menjadi tim yang tepat.

Berpengalaman

Melalui pengalaman, seorang individu dapat semakin berkembang. Tidak hanya melatih kemampuan tapi juga membentuk sikapnya.

Dengan hal tersebut, individu akan mampu membangun rencana yang lebih baik dengan menggabungkan pengalaman yang telah terbukti kebenarannya.

Selain itu, pengalaman juga sangat mempengaruhi pemikiran seseorang, yang dapat membantunya membuat keputusan yang tepat di waktu yang tepat.

Baca Juga:
Alligator Blood, Kunci Sukses Startup

Memiliki Intuisi

Dengan intuisi, seseorang akan mampu mengantisipasi potensi jebakan, menghindari kesalahan, dan bersikap tenang dalam situasi yang tak terduga.

Sejak awal melakukan usaha, orang-orang dengan intuisi akan dapat memprediksi beberapa hal yang salah sehingga mereka dapat menemukan solusi untuk masalah potensial, sebelum masalah tersebut muncul.

Berkemampuan Gila

Orang yang memiliki kemampuan unggul dapat menjadi orang yang tepat dalam membangun sebuah tim, termasuk tim bisnis.

Berbekal kemampuan unggul yang dimilikinya, mereka akan mampu menggapai tingkatan yang lebih tinggi bersama tim, serta mampu meningkatkan produk atau layanan dari sebuah bisnis.

Memiliki Sikap Optimis

Sikap optimis akan membantu seseorang untuk tetap bertahan meskipun muncul beberapa permasalahan dalam suatu tim.

Dengan sikap ini, seseorang tidak akan melarikan diri saat muncul suatu masalah. Namun sebaliknya, mereka akan menajamkan taringnya dan berusaha menemukan solusi untuk masalah yang sulit.

Orang-orang seperti ini tidak hanya akan fokus pada masalah yang muncul, tetapi juga akan melihat solusi untuk permasalahan tersebut.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: RichHabits
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB