LogoDIGINATION LOGO

Jamkrindo dan Semen Baturaja Kerjasamakan Penjaminan Suretyship Online

author Oleh Dikdik Taufik Hidayat Jumat, 18 Mei 2018 | 04:19 WIB
Share
Kemudahan transaksi dalam bentuk digital membuat banyak perusahaan yang mulai mengalihkan sebagian bisnisnya ke sistem ini
Share

Kemudahan transaksi dalam bentuk digital membuat banyak perusahaan yang mulai mengalihkan sebagian bisnisnya ke sistem ini. Tidak terkecuali bagi BUMN Perum Jamkrindo. Kamis (17/5), Jamkrindo, diwakili oleh Direktur Utamanya Randi Anto baru saja menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) mengenai penjaminan suretyship online dengan PT Semen Baturaja (Persero), Tbk yang diwakili oleh Rahmad Pribadi selaku Direktur Utama.   

Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 124/PMK.010/2008, yang dimaksud suretyship adalah lini usaha asuransi umum yang memberikan jaminan atas kemampuan Principal dalam melaksanakan kewajiban sesuai perjanjian pokok antara Principal dan Obligee.

Surety adalah Perusahaan Asuransi Umum yang memasarkan produk asuransi pada lini usaha Suretyship. Principal adalah pihak dalam perjanjian Suretyship yang harus memenuhi kewajiban kepada Obligee berdasarkan perjanjian pokok. Obligee adalah pihak dalam perjanjian Suretyship yang berhak menerima pemenuhan kewajiban dari Principal berdasarkan perjanjian pokok.

Baca juga:
Jamkrindo Gelar Kompetisi Startup, Hadiah Rp 300 Juta

“Ruang lingkup perjanjian Kerja Sama (PKS) ini adalah kerja sama usaha untuk mengoptimalkan kegiatan bisnis,” tutur Randi Anto. Adapun kerja sama penjaminan suretyship online tersebut terdiri dari  Jaminan Penawaran, Jaminan Pelaksanaan, Jaminan Uang Muka, dan Jaminan pemeliharaan. Dengan adanya suretyship online ini, para  penerima pekerjaan atau vendor PT Semen Baturaja (Persero) Tbk tidak perlu lagi datang ke kantor Perum Jamkrindo terdekat untuk mengajukan permohonan penjaminan.  Sebanyak 300 vendor tersebut cukup datang ke PT Semen Baturaja (Persero) Tbk untuk mengisi form digital secara mandiri.

“Dengan adanya terobosan tersebut, maka proses pengajuan penjaminan menjadi lebih mudah dan efisien, sehingga dalam kepengurusan dokumen tender para kontraktor akan terbantu dengan hadirnya Perum Jamkrindo dalam memberikan pelayanan untuk menjamin proyek di waktu dan tempat yang sama yaitu di kantor PT Semen Baturaja (Persero) Tbk,” tutur Randi.

Orang nomor satu di Jamkrindo ini juga menambahkan, kerjasama ini merupakan langkah strategis guna mengoptimalkan pemanfaatan potensi bisnis kedua belah pihak dengan prinsip saling menguntungkan.  Perum Jamkrindo dapat membidik potensi volume penjaminan dari nilai Capex dan Opex PT Semen Baturaja (Persero) Tbk, sementara itu dari pihak PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. memperoleh manajemen kontrol dan database yang lebih baik. “Karena ada rekam jejak digitalnya, tentu databasenya menjadi lebih baik. PT Semen Baturaja (Persero) Tbk dapat lebih mudah memonitor proyek mana yang  belum terjamin, sehingga meningkatkan optimalisasi penyerapan belanja modal,” ujarnya.

Baca juga:
Tips Bersaing di Era Digital

Di Perum Jamkrindo, lini bisnis penjaminan suretyship  dan penjaminan non bank masih sangat potensial. Tercatat volume penjaminan Suretyship dan Penjaminan Non Bank  di tahun 2017 mencapai Rp 27,44 triliun atau 20,27% dari keseluruhan penjaminan pada Perum Jamkrindo yang sebesar Rp 135,36 triliun.  

Pada tahun 2018 ini Perum Jamkrindo menargetkan volumen penjaminan sebesar Rp 156,8 triliun yang terdiri dari penjaminan KUR Rp 50 triliun, sedangkan non KUR sebesar Rp 106,8 triliun. Beberapa produk penjaminan kredit Perum Jamkrindo  antara lain Penjaminan Kredit Usaha Rakyat, Penjaminan Kredit Mikro, Penjaminan Kredit Umum, Penjaminan Kredit Multiguna, Penjaminan Kredit Distribusi Barang, Penjaminan KPR (FLPP), Penjaminan Kredit kendaraan Bermotor, Penjaminan Surety Bond, Penjaminan Custom Bond, Penjaminan Bank Garansi/Kontra Garansi, Penjaminan Supply Chain Financing dan Penjaminan Fintech Lending.

Baca juga:
Jamin Keamanan Investasi P2P Lending, Amartha Gandeng Jamkrindo

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB