LogoDIGINATION LOGO

P2P Lending Mampu Kurangi Angka Kemiskinan

Oleh Desy Yuliastuti Rabu, 16 Mei 2018 | 09:47 WIB
Share
Esta Kapital Fintek mengajak masyarakat Indonesia untuk ikut membangun komunitas tanpa kemiskinan lewat platform peer-to-peer lending yang mempertemukan pemberi pinjaman (lender) dengan peminjam (borrower)
Share

Esta Kapital Fintek mengajak masyarakat Indonesia untuk ikut membangun komunitas tanpa kemiskinan lewat platform peer-to-peer lending yang mempertemukan pemberi pinjaman (lender) dengan peminjam (borrower).

Melalui sistem yang ditawarkan Esta Kapital Fintek, para peminjam yang berjiwa sosial dapat meminjamkan uang mulai dari Rp3,3 juta untuk tenor 40 minggu, dengan bunga 8%-15% per tahun. Bagi lender, setiap plafon pinjaman dikenai biaya admin 0,5% dari nilai transaksi serta biaya manajemen 1% dari tagihan yang terbayar.

Sebagai satu dari hampir 50 perusahaan fintech Indonesia yang terdaftar dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Esta Kapital Fintek ingin membantu meningkatkan inklusi keuangan nasional serta membantu memenuhi kebutuhan pembiayaan dalam negeri yang masih sangat besar.

“Dibawah bimbingan OJK, kami harap industri P2P Lending Indonesia secara garis besar bisa terus membangun negara dan meningkatkan inklusi keuangan bagi rakyat yang belum bisa mendapatkan fasilitas keuangan,” kata Rony Harianto, Komisaris, Esta Kapital Fintek.

Baca juga: Inklusi Keuangan, Sulit Jika Sendiri-Sendiri

-

Anak perusahaan Esta Corporations ini lebih jauh ingin mendorong pemerataan distribusi pembiayaan nasional masih belum merata di 17.000 pulau Indonesia yang akan membantu meningkatkan pemerataan tingkat kesejahteraan penduduk.

“Esta Corporation percaya bahwa usaha mikro, kecil dan mengengah adalah mesin pembangunan Indonesia dan berpotensi meratakan kesejahteraan rakyat,” kata Junjungan Putra Rumapea, Direktur Utama Esta Kapital Fintek. 

Platform P2P Lending juga dipercaya bisa menjadi wadah bagi masyarakat untuk dapat ikut membantu bergotong-royong memberi pinjaman yang kecil tapi sangat diperlukan bagi perekonomian Indonesia.

Baca juga: Pemerintah Dukung Penuh Industri Fintech untuk Majukan Keuangan Inklusif

Saat ini, ia menilai ada kesenjangan bagi pengusaha mikro wanita, baik di kota maupun di daerah.  Esta Kapital Fintek ingin membantu memberdayakan wanita untuk memungkinkan perusahaan kecil menjadi penyedia produk dan jasa bagi komunitas mereka.

“Selain bimbingan pengetahuan yang diberikan oleh anak perusahaan Esta Corporations, Esta Kapital Fintek ingin bergotong royong membantu para ibu-ibu pengusaha untuk meningkatkan bisnis dan kesejahteraan mereka,” pungkasnya.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Masih Berharap Uang Tunai Dalam Dompet Konsumen?

Semakin praktis dan populernya layanan dompet digital sedikit-banyak akan mendorong konsumen untuk ganti dompet. Masih berharap ada uang tunai dalam dompet konsumen?

Jumat, 5 April 2019 | 10:47 WIB

Belum Dapat Investor? Coba Crowdfunding Aja!

Sulit cari modal? Coba gunakan crowdfunding. Dengan langkah-langkah ini kamu bisa cepat mendapatkan pendanaan tanpa harus menunggu angel investor datang

Kamis, 28 Maret 2019 | 12:00 WIB

Serba-serbi Pendanaan Startup!

Mencari tahu pilihan pendanaan apa yang paling masuk akal bagi setiap orang terlihat cukup rumit karena kebutuhan setiap startup berbeda.

Jumat, 22 Maret 2019 | 08:05 WIB

Sedang Mencari Funding? Hindari 3 Kesalahan Ini

Memiliki ide brilian, langkah selanjutnya adalah mencari pendanaan. Sebelum bertemu investor, pelajari tiga kesalahan umum ini. Jangan sampai kamu melakukannya

Kamis, 21 Maret 2019 | 09:10 WIB

AI untuk UMKM. Mmm, Seperti Apa, ya?

Dari 60 juta UMKM Indonesia hanya 5 % yang sudah memanfaatkan internet. Untuk mendorong pertumbuhan ini Halosis hadir untuk memajukan UMKM dengan teknologi Artificial Intelligence.

Kamis, 14 Maret 2019 | 09:30 WIB