LogoDIGINATION LOGO

Inilah Empat Tips Sukses Berbisnis Start Up

author Oleh Ana Fauziyah Rabu, 16 Agustus 2017 | 07:36 WIB
Share
Sama dengan jenis bisnis pada umumnya, membangun perusahaan start up bukanlah perkara mudah
Share

Sama dengan jenis bisnis pada umumnya, membangun perusahaan start up bukanlah perkara mudah. Diperlukan perencanaan matang, pun pengelolaan yang baik untuk menggiring bisnis Anda menuju kesuksesan.

Satu pola yang sama: membangun bisnis start up membutuhkan waktu yang panjang. Itulah saat di mana Anda akan berjuang untuk “mengembangkan” perusahaan sekeras mungkin. Nah, agar tidak salah langkah, berikut adalah lima tips sukses membangun bisnis start up yang dapat langsung Anda praktikkan.

1. Konsep Perusahaan

Tetapkan konsep perusahaan sekuat mungkin. Ini meliputi visi, misi, serta rencana bisnis yang kuat—sehingga perusahaan yang Anda bangun memiliki fondasi yang ajek. Adapun hal ini penting sebagai “pegangan”, terlebih ketika harus berhadapan dengan banyak kendala.

Setelahnya, Anda bisa menciptakan produk maupun layanan jasa seunik mungkin. Pastikan produk yang Anda tawarkan, berbeda dengan produk yang ada di pasaran. Kendati demikian, perlu diingat untuk tetap menciptakan produk yang bermanfaat untuk masyarakat, ya.

2. Modal

Tidak ada bisnis yang tanpa modal. Modal di sini, tidak selalu berarti uang—melainkan kemampuan (skill) untuk berbisnis, hingga perangkat/peralatan yang dibutuhkan untuk keberlangsungan bisnis.

3. Tim yang Solid

Dalam bisnis start up, Anda tidak pernah bisa bekerja sendirian. Pun itu sebabnya, Anda tetap membutuhkan sebuah tim yang solid dan kompak. Lebih baik lagi, jika seluruh anggota tim, sama-sama memiliki pandangan maupun misi yang sejalan. Nah, untuk pengembangan perusahaan, disarankan Anda mencari rekan kerja yang mampu menghasilkan ide segar dan inovasi.

4. Jangan Cepat Puas

Jalan menuju kesuksesan memang tidak selalu mudah. Selain membutuhkan waktu yang panjang; dalam perjalanannya—Anda akan menemukan banyak kendala dan masalah. Di sinilah, kekuatan mental dan niat Anda diuji. Jangan pula cepat merasa puas dan besar kepala—terlebih ketika bisnis yang Anda rencanakan berjalan dengan baik. Adapun inovasi dan kemauan untuk belajar hal baru, amat diperlukan, untuk mempertahankan “kekuatan” bisnis yang tengah berjalan.

Itulah empat tips sukses berbisnis start up, bagaimana mulai tertarik untuk mencoba?

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE