LogoDIGINATION LOGO

Pemasaran Digital Dukung UKM Indonesia Tingkatkan Ekspor

author Oleh Desy Yuliastuti Jumat, 4 Mei 2018 | 13:51 WIB
Share
Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN) berkomitmen mendukung Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk meningkatkan ekspor di era Revolusi Industri 4
Share

Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN) berkomitmen mendukung Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk meningkatkan ekspor di era Revolusi Industri 4.0.

Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor, Marolop Nainggolan, pemasaran digital perlu disosialisasikan secara luas kepada para pelaku usaha, khususnya UKM.

“Melalui sosialisasi, pemasaran digital dapat dipahami dan dimanfaatkan secara efektif sebagai upaya menunjang perluasan akses produk Indonesia ke pasar global,” ujar Marolop saat membuka seminar 'Digital Marketing in Fostering Indonesian SMEs’ Export Business' di Tangerang beberapa waktu lalu.

Baca juga: Pelaku UMKM Terus Didorong Banjiri Pasar Digital

Di era revolusi industri keempat ini, lanjut Marolop, segala hal dapat dikendalikan dari segala tempat melalui jaringan internet.

"Sistem ekonomi dunia saat ini tidak hanya menggeser model pemasaran bisnis yang konvensional menjadi digital, tetapi juga mengubah perilaku konsumen menjadi gemar berbelanja daring. Namun, hal ini bisa menjadi peluang jika para pelaku usaha mampu menghadapi perubahan ini," tambahnya.

Pengusaha Harus Peka

Internet dan niaga elektronik berkembang cukup pesat di Indonesia. Hal ini tentunya membuka peluang bagi pelaku usaha Indonesia untuk lebih agresif dalam menggunakan sarana digital guna memasarkan produknya dan menjaring potensi konsumen lebih besar, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada peningkatan nilai ekspor Indonesia.

Dalam paparannya di seminar tersebut, Assistant Chief Representative KITA Steve Hong Steve Hong menyampaikan, sebagai upaya mengantisipasi perkembangan pemasaran digital yang bergerak cepat, KITA telah membangun platform e-business service, yaitu tradekorea.com sejak tahun 2008.

Baca juga: Pemerataan Ekonomi Digital di Pedesaan Jadi Prioritas

Platform ini menyediakan fasilitas pemasaran dan buyer–seller matching services berbasis elektronik bagi para pelaku usaha baik dari Korea maupun Indonesia. Sekitar 450.000 pelaku usaha dari berbagai sektor diklaim telah bergabung dalam situs ini.

Untuk diketahui, potensi transaksi yang bisa dicapai melalui sistem elektronik juga sangat besar mengingat sebanyak 132,7 juta orang dari total 256 juta jiwa populasi Indonesia adalah pengguna internet.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB