LogoDIGINATION LOGO

Digitalisasi Kunci Efisiensi Energi di Industri 4.0

author Oleh Sukindar Kamis, 3 Mei 2018 | 04:27 WIB
Share
Innovation Summit 2018 kedua telah resmi digelar di Surabaya, dimulai dari hari kemarin (2/5) dan rencananya akan diakhiri hari ini (3/5)
Share

Innovation Summit 2018 kedua telah resmi digelar di Surabaya, dimulai dari hari kemarin (2/5) dan rencananya akan diakhiri hari ini (3/5).

Membawa tema “Powering & Digitizing the Economy”, Schneider Electric mengajak semua orang yang masuk ke dalam ekosistem industri untuk berbagi BOLD IDEAS dan berdiskusi mengenai pengelolaan energi di transformasi digital.

Transformasi digital telah menjadi agenda pemerintah untuk menghadapi era Industri 4.0, yang tentunya akan memberikan beragam dampak, termasuk mengubah cara bisnis, interaksi, dan daya saing secara global.

Di sisi lain, wilayah Indonesia bagian timur telah menjadi prioritas pemerintah dengan melakukan percepatan pengembangan ekonomi dan pembangunan infrastruktur.

Sebagai akibatnya, lonjakan konsumsi energi menjadi kekhawatiran yang perlu diantisipasi dalam menyambut Industri 4.0, terutama di wilayah Indonesia bagian timur.

Untuk mengantisipasinya, sebenarnya pemerintah telah melakukan penambahan lebih dari 7.000 MW pembangkit listrik yang akan dilakukan hingga tahun 2019.

Baca Juga:
Schneider Akan Gelar Innovation Summit Indonesia

Namun hal tersebut perlu diimbangi juga dengan adaptasi transformasi digital yang harus segera dilakukan di Kawasan Timur Indonesia untuk meningkatkan efisiensi dalam penggunaan energi.

Bagi Country President Schneider Electric Indonesia Xavier Denoly, pengembangan ekonomi tidak akan terlepas dari pengelolaan energi, temasuk percepatan di Kawasan Timur Indonesia.

Dan menurutnya,“Transformasi digital merupakan solusi untuk efisiensi dan ketersediaan energi yang berkelanjutan karena pada 20 tahun dari sekarang diperkirakan konsumsi energi akan meningkat 1,5 kali dan di saat yang bersamaan kita harus mengurangi setengah dari total emisi karbon dan melakukan efisiensi 3 kali lebih besar dari saat ini.”

Innovation Summit 2018 menjadi ajang Schneider Electric untuk mendorong implementasi Industri 4.0 sebagai upaya mengantisipasi kekhawatiran tersebut.

Dalam acara selama dua hari ini, Schneider Electric juga menampilkan platform EcoStruxure hasil inovasinya sebagai salah satu solusi dalam pengelolaan energi.

EcoStruxure merupakan platform terbuka berbasis teknologi (Internet of Things) IoT yang dapat digunakan sebagai solusi end-to-end dalam Power, Teknologi Informasi, Bangunan, Mesin, Pabrik, dan Jaringan, yang dapat digunakan oleh bidang Bangunan, Pusat Data, Industri dan Infrastruktur.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: PressRelease.id
TAGS
LATEST ARTICLE