LogoDIGINATION LOGO

3 Cara Jitu Liburan Produktif Bagi Enterpreneur

author Oleh Desy Yuliastuti Senin, 28 Agustus 2017 | 06:20 WIB
Share
Rehat sejenak atau unplug dari bisnis tampaknya menjadi hal yang berat
Share

Rehat sejenak atau unplug dari bisnis tampaknya menjadi hal yang berat. Padahal sekalipun Anda seorang profesional dengan jam terbang tinggi, urusan istirahat dan memberi keseimbangan pada kehidupan pribadi menjadi hal yang tak bisa dianggap sepele.

Banyak bukti anekdotal maupun ilmiah yang menunjukkan bahwa entrepreneur yang dapat melepaskan diri sejenak dari pekerjaan terlihat lebih bahagia, lebih sehat, dan lebih produktif. Sementara yang memaksakan diri bekerja, cenderung stres, lelah, dan berada di titik jenuh.

Namun, membatasi waktu untuk memikirkan perkembangan dan strategi bisnis menjadi hal yang sulit ditinggalkan. Untuk itu, Christopher Myers, CEO of BodeTree dan penulis buku Enlightened Enterpreneurship membagikan pengalamannya tentang cara ‘menjauh dari bisnis’ agar Anda bisa rileks sejenak.

 

Menjauh dari Teknologi

Melepaskan diri dari teknologi menjadi langkah awal untuk bersantai, Tentu saja proses ini membutuhkan usaha dan komitmen, tapi hasilnya memuaskan. Menjauhkan diri dari smartphone  misalnya, bisa membantu Anda mendapatkan me time atau berinteraksi dengan orang-orang di sekitar. Tak hanya itu, menjauh sejenak dari gadget membantu Anda terhindar dari gangguan dan bisa fokus pada satu hal dalam satu waktu dan membantu pikiran lebih tajam dari sebelumnya.

 

Mencoba Sesuatu yang Baru

Mengeksplorasi diri dan belajar sesuatu yang baru di luar minat Anda bisa memperluas perspektif dan sudut pandang. Salah satu caranya dengan membaca buku di luar genre atau topik yang biasa Anda baca. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan gagasan dan wawasan menarik yang sesuai dengan kehidupan dan bisnis yang sedang dijalani. Menariknya, kemampuan menyesuaikan diri dengan orang-orang baru pun akan meningkat.

 

Percaya Pada Tim

Percayakan semua kegiatan bisnis pada tim saat Anda tak berada di kantor. Dengan begitu Anda bisa santai sejenak, tetapi memberi ruang pada tim untuk melakukan tugas lebih banyak dapat membantu tim lebih solid dan proaktif. Bagaimanapun, hal terbaik yang bisa dilakukan seorang pemimpin adalah membuim at timnya lebih baik, matang secara organisasi, dan bekerja lebih efektif.

 

Masukkan waktu relaksasi dalam agenda, sama halnya halnya dengan mengalokasikan waktu meeting dan kewajiban lainnya. Merencanakan waktu liburan ke tempat-tempat eksotis selama beberapa minggu bisa membantu Anda merilekskan pikiran, melakukan evaluasi, dan merancang bisnis menjadi lebih baik. Jangan merasa bersalah saat liburan karena Unplug, Relax, dan Recharge diri terbukti membuat Anda lebih segar dan berenergi.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Forbes
TAGS
LATEST ARTICLE