LogoDIGINATION LOGO

3 Trik Sulap Bagi Para Pengusaha

author Oleh Sukindar Rabu, 18 April 2018 | 09:02 WIB
Share
Bagi beberapa orang, sulap bukan hanya sekedar hiburan
Share

Bagi beberapa orang, sulap bukan hanya sekedar hiburan. Bahkan Stephen Shapiro dalam INC menyebutkan, sulap merupakan usaha intelektual.

Sulap tidak hanya menawarkan ilusi semata, ada banyak sekali trik di dalamnya. Setiap pesulap pun dituntut untuk terus berinovasi agar trik-triknya tetap menarik untuk dilihat.

Shapiro merupakan orang yang telah cukup lama mengamati dunia sulap. Dari hal ini, Shapiro dapat menyimpulkan bahwa sulap dan inovasi adalah sepupu dekat.

Baginya, ada banyak kesesuaian antara sulap dengan inovasi. Di antara banyaknya kesesuaian, ada tiga konsep inovasi yang dapat diaplikasikan ke dunia usaha dari studinya terhadap sulap.

Otak Tidak Selalu Bisa Dipercaya

Dalam berinovasi, kadang otak yang kita miliki juga sering terkecoh. Sering kali kita membuat jalan pintas untuk mengisi sebuah celah, namun solusi yang kita tawarkan ternyata tidak lengkap.

Oleh karena itu, kita harus benar-benar memastikan saat sedang mengembangkan sebuah ide baru. Kita harus melihatnya dari beberapa sudut pandang.

Baca Juga:
Sebelum Memulai Bisnis, Jawab Dulu Pertanyaan Ini!

Seperti apa yang hilang? Asumsi apa yang Anda buat? Sama seperti mengungkapkan, Anda perlu sudut pandang kamera yang berbeda.

Memulai Dengan yang Tidak Masuk Akal

Saat sedang berinovasi, kebanyakan dari kita akan mencari kemungkinan yang paling memungkinkan. Lalu, apa yang bisa dipelajari dari pola berpikir seperti ini?

Shapiro menyebutkan, untuk mendapatkan solusi inovatif, seorang pengusaha harus menanyakan beberapa pertanyaan awal sebelumnya.

Beberapa pertanyaan tersebut adalah: Apa yang akan menjadi solusi mustahil? Apa solusi terburuknya? Atribut apa yang disukai dari ide gila tersebut? Bagaimana cara memanfaatkan dan menemukan solusi yang tidak biasa?

Baca Juga:
Strategi Jitu Mengemudikan Startup Menuju IPO

Pertunjukan Sama Pentingnya Dengan Metode

Siapapun bisa berinovasi dan bahkan dengan ide yang sama. Namun, untuk hasilnya bisa saja akan berbeda, tergantung bagaimana orang tersebut menggunakannya.

Teknologi baru adalah sesuatu yang sangat baik, tapi seorang pengusaha harus memiliki dukungan dari orang-orang yang luar biasa di belakangnya.

Dan perlu diperhatikan, pengalaman pelanggan saat menggunakan inovasi yang kita gunakan sama pentingnya dengan inovasi itu sendiri.

Di sisi lain, teknologi sangat gampang ditiru oleh kompetitor lain. Namun, kinerja yang bagus dari perusahaan kita merupakan hal yang sangat sulit untuk dicontoh.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: INC
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB