LogoDIGINATION LOGO

Modalku Raih Pendanaan Seri B Rp 350 Miliar

author Oleh Desy Yuliastuti Rabu, 18 April 2018 | 05:51 WIB
Share
Perusahaan Peer to Peer Lending (P2P) Modalku dan Funding Societas, yang menjadi bagian dari Funding Asia Group, berhasil meraih pendanaan Seri B sebesar US$ 25 juta atau hampir Rp 350 miliar
Share

Perusahaan Peer to Peer Lending (P2P) Modalku dan Funding Societas, yang menjadi bagian dari Funding Asia Group, berhasil meraih pendanaan Seri B sebesar US$ 25 juta atau hampir Rp 350 miliar. Pendanaan ini dipimpin oleh SoftBank Ventures Korea.

Ronde pendanaan juga diisi dengan partisipasi dari investor-investor terdahulu, yaitu Sequoia India, Alpha JWC Ventures dari Indonesia, serta Golden Gates Ventures. Selain itu, LINE Ventures, Qualgro, dan Mahanusa Capital juga turut berinvestasi di ronde ini.

Modalku juga memperoleh komitmen penyaluran kredit dari bank dan institusi keuangan untuk memberdayakan Usaha Kecil Menengah (UKM). Ini adalah pendanaan seri B terbesar yang pernah diraih suatu platform P2P lending dari Asia Tenggara. Dana segar tersebut akan digunakan untuk merealisasikan visi Modalku ikut menciptakan inklusi keuangan di Asia Tenggara.

Baca juga: Butuh Modal Usaha? Ini 5 Platform Fintech yang Bisa Membantu

SoftBank Ventures Korea, sebagai perusahaan modal ventura tahap awal yang merupakan bagian dari SoftBank Group, merupakan investor utama pendanaan ini. SoftBank Group, yang dikenal dengan Vision Fund USD 100 miliar mereka adalah investor bagi penyedia kredit alternatif seperti SoFi dan Kabbage di Amerika Serikat.

Grup ini juga menjadi investor bagi startup ternama seperti Grab dan Tokopedia di Asia Tenggara. Selama ini, SoftBank Ventures Korea telah aktif berinvestasi di Asia Tenggara dan melihat potensi besar bagi pinjaman digital untuk UKM di wilayah ini.

“Di antara banyak pemain, Modalku adalah perusahaan yang paling mengesankan bagi kami, terutama karena semua prestasi yang mereka raih dalam waktu singkat. Kami juga melihat potensi mereka untuk terus menjadi nomor 1,” kata Sean Lee, Partner dan Managing Director SoftBank Ventures Korea.

Modalku didirikan oleh Reynold Wijaya dan Kelvin Teo sebagai platform pinjaman digital yang menghubungkan UKM di Indonesia, Singapura, dan Malaysia dengan pemberi pinjaman individu maupun institusi.

Baca juga: Pendanaan UMKM Kekurangan Rp 1 Triliun Per Tahun

Di bulan Januari 2018, Modalku berhasil mencapai total pencairan pinjaman UKM sebesar Rp 1 triliun. Pertumbuhan Modalku di tahun 2017 adalah 950% dari tahun sebelumnya. Di saat yang sama, mereka mempertahankan tingkat default di bawah 1.5%. Secara regional, ada lebih dari 60.000 pemberi pinjaman terdaftar di Modalku dan Funding Societies sejak mereka berdiri.

 “Ini adalah masa yang sungguh menarik bagi P2P lending di Asia Tenggara, dan Modalku memimpin perubahan yang terjadi melalui akses modal usaha yang cepat, terjangkau, dan praktis bagi UKM lokal. Dukungan dari investor ternama menjadi validasi bagi model bisnis dan dampak yang kami ciptakan. Pendanaan ini akan kami gunakan untuk menciptakan produk inovatif serta membangun user experience kelas dunia bagi pelanggan kami,” kata Reynold Wijaya, Co-Founder dan CEO Modalku dalam paparan publiknya di Jakarta, Rabu (17/4).

Sebagai informasi, pada akhir 2017 Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB. Modalku juga masuk dalam daftar Fintech 250 yang dibuat CB Insights, yaitu daftar perusahaan-perusahaan top dunia yang menciptakan terobosan di dunia teknologi finansial.

Baca juga: Dituduh OJK Rentenir Digital, Ini Jawaban Asosiasi Fintech

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB