LogoDIGINATION LOGO

Berapa Usia Ideal Membangun Startup?

author Oleh Sukindar Selasa, 17 April 2018 | 15:39 WIB
Share
Mulai umur berapa Anda mulai mendirikan startup? Menurutmu, apakah umur tersebut cukup ideal untuk memulai bisnis yang kadang cukup menakutkan? Pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas bukanlah pertanyaan yang wajib untuk dijawab saat Anda sedang atau ingin membangun bisnis yang Anda miliki
Share

Mulai umur berapa Anda mulai mendirikan startup? Menurutmu, apakah umur tersebut cukup ideal untuk memulai bisnis yang kadang cukup menakutkan?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas bukanlah pertanyaan yang wajib untuk dijawab saat Anda sedang atau ingin membangun bisnis yang Anda miliki.

Pada dasarnya, pendiri perusahaan bisa berumur berapa saja, bisa saat berusia muda, saat masih remaja, atau bisa saat di ujung usia.

Namun, apakah ada umur ideal untuk memulai sebuah startup? Dalam tulisannya di laman INC, Minda Zetlin menerangkan bahwa umur ideal ini ternyata ada.

Zetlin menjelaskan tentang umur ideal ini berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh National Bureau of Economic Research (NBER) pada ratusan ribu startup sukses.

Baca Juga:
Sebelum Sukses, Bill gates Hapus Kebiasaan Ini

Dalam metodenya, tim NBER tidak hanya mengambil data melalui survei terhadap beberapa sample pengusaha maupun bertanya kepada ahli di bidang ini.

NBER memilih untuk mengumpulkan data dari biro sensus dan melihat ratusan ribu perusahaan yang sukses, terutama yang memiliki pertumbuhan cepat.

Mungkin sebagian orang akan beranggapan bahwa umur ideal untuk memulai startup adalah di kisaran umur dua puluh tahunan.

Hal ini didasarkan pada beberapa fakta, termasuk Bill Gates yang memulai Microsoft pada usianya yang kedua puluh dan Steve Jobs yang mulai merintis Apple pada usianya yang ke-21.

Secara logika, masa muda memang masa yang tepat untuk memulai segala hal, karena di masa ini kita terbebas dari banyak hal, mampu mengambil resiko, dan tidak takut mengguncang tatanan lama.

Baca Juga:
Kebiasaan Sederhana Entrepreneur Sukses yang Perlu Diteladani

Namun, hal tersebut tidak benar. Hasil penelitian yang dilakukan NBER menyebutkan bahwa rata-rata umur pendiri yang sukses berkisar di usia 42 tahun.

Dan bahkan, penelitian menemukan fakta bahwa startup yang memiliki pertumbuhan sangat cepat dan sangat sukses, didirikan di usia yang lebih tinggi.

Ketika peneliti melihat 5 persen teratas dari startup yang tumbuh cepat, mereka menemukan usia pendiri rata-rata adalah 42,1.

Dan jika dipersempit  menjadi 1 persen teratas, usia rata-rata adalah 43,7. Dan untuk 0,1 persen teratasnya, usia pendiri naik menjadi 45.

Pada data lain juga disebutkan, pendiri startup paling muda yang memperoleh pendanaan dari perusahaan modal ventura di New York rata-rata berumur 38,7 tahun.

Namun, kembali ke pernyataan sebelumnya, membangun startup tidak memiliki batasan usia. Bisa jadi Anda menjadi Gates atau Steve Jobs yang baru.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: INC
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB