LogoDIGINATION LOGO

Tiga Kiat Berkompetisi di Industri Digital Indonesia

author Oleh Ana Fauziyah Rabu, 16 Agustus 2017 | 07:15 WIB
Share
Sudah jadi pengetahuan, yang namanya pebisnis—memang harus selalu siap menanggung risiko
Share

Sudah jadi pengetahuan, yang namanya pebisnis—memang harus selalu siap menanggung risiko. Namun, sebesar apa pun risikonya, tetap bisa diminimalkan dengan langkah yang tepat, kok…

Takut gagal, kerap kali jadi alasan yang menghalangi niat seseorang untuk berbisnis. Padahal, bagaimana ingin berhasil—jika Anda belum mencoba? Adapun untuk menjadi satu negara maju, jumlah pengusaha haruslah memenuhi kuota minimal dua persen. Sayang, untuk di Indonesia sendiri—jumlahnya masih terbilang sangat kurang.

Itu sebabnya, dorongan pemerintah untuk mencetak wiraswasta baru, semakin gencar dilakukan setiap tahunnya. Ini meliputi beragam program pembinaan usaha, kursus, hingga bantuan modal, perizinan, dan hak cipta. Nah, mengikuti perkembangan teknologi, industri digital sendiri dapat menjadi satu peluang bisnis yang bisa Anda coba.

Lantas, bagaimana cara bersaing di dunia digital industry, sekalipun Anda masih pemula? Berikut adalah lima kiatnya.

1. Terus berinovasi – Ciptakan produk dan jasa yang berkualitas, berikut tentukan segmen pasar dengan jeli. Jika perlu, Anda bahkan dapat melakukan survei langsung, untuk mengetahui seberapa besar permintaan dan minat pasar.

Dalam hal ini, jangan pernah ragu untuk terus berinovasi. Bagaimanapun, tidak menutup kemungkinan, Anda akan menemukan banyak “pesaing” yang cenderung meniru produk, lalu mengambil keuntungan dari sana. Inovasi lantas mencegah para pesaing meniru produk yang sama; sekaligus sebagai upaya penyegaran demi mendapatkan konsumen loyal.

2. Tim yang kompak – Harus diingat, Anda dan seluruh pekerja dalam industri adalah sebuah tim. Adapun sebuah tim yang solid—bisa jadi mendatangkan keuntungan yang sangat besar bagi perusahaan; ketimbang gabungan tenaga ahli yang saling berselisih satu sama lain. Jaga keberlangsungan tim agar tetap kompak, tanpa harus terhalang kesalahpahaman.

3. Terus memperluas jaringan – Jangan ragu berkenalan dengan orang baru, dan menciptakan hubungan kerja sama digital dengan mereka. Anda bahkan bisa memperluas scoop bisnis, lewat jaringan di banyak kota/wilayah.

Itulah tiga kiat mendasar yang dapat Anda praktikkan untuk berkompetisi secara sehat dalam dunia digital industry. Selamat mencoba!

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE